Diskes Landak Kembali Temukan Kasus HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 26 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNEWS.COM, 25 Juli 2011

LANDAK - Dinas Kesehatan (Diskes) Landak, kembali menemukan satu kasus baru warga yang terinfeksi HIV/AIDS.

"Bulan ini, satu kasus baru yang terinveksi HIV AIDS kembali ditemukan," ujar Kadiskes Landak, Magdalena Nurainy Sitinjak kepada Tribun, Senin (25/7/2011).

Dia menerangkan, korban baru tersebut, merupakan wanita dengan usia sekitar 20 tahunan.

Petugas Diskes bersama Puskesmas Ngabang, telah melakukan upaya jemput bola kepada Orang Dengan HIV/AIDS (Odha) tersebut.

Kasus baru tersebut ditemukan di wilayah Pal II Ngabang. Dengan demikian, sesuai data, maka terdapat 38 kasus HIV/AIDS yang telah terdata oleh Diskes.

"Kasihan, dia terinfeksi karena faktor pekerjaan. Sebagian besar kasus HIV/AIDS di Landak, terjangkit karena hubungan intim," tandas Kadiskes Nurainya.

Pihaknya berupaya melakukan pembinaan, mengajak Odha untuk menerima perawatan di VCT Mandor.

Namun, Nurainy mengakui, terkadang yang menjadi kendala adalah keengganan Odha datang ke VCT Mandor, mungkin dengan alasan bimbang identitasnya akan terungkap.

"Banyak yang sudah berkali-kali kita lakukan upaya pendekatan, baru mau menerima perawatan," terangnya.

Nurainy menjamin bahwa identitas Odha akan dirahasiakan. Jika enggan dirawat di VCT dapat juga langsung menemui petugasnya.

Kadiskes mengingatkan, agar masyarakat berprilaku intim yang sehat, tidak berganti-ganti pasangan, karena memang jangkitan HIV/ AIDS di Landak, umumnya akibat hubungan intim.

"Kita juga melakukan pendekatan kepada profesi berisiko besar dijangkiti HIV/AIDS, gunakanlah pengaman. Kasihan mereka, karena tuntutan hidup, harus bekerja seperti itu," pungkas Kadiskes Nurainy.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4478