PENYAKIT MEMATIKAN: Lampung Salah Satu Daerah Rawan HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 29 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Suara Karya, 26 Juli 2011

JAKARTA: Provinsi Lampung dinilai sebagai salah satu daerah di Indonesia yang rawan terhadap penyakit HIV/AIDS. Hal itu diketahui berdasarkan data yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di hadapan anggota Komisi IX DPR saat melakukan kunjungan kerja di daerah tersebut, Senin (25/7).

Menurut Reihana, kasus HIV/AIDS di Provinsi Lampung saat ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyakit mematikan tersebut, pihaknya tengah berupaya semaksimal mungkin melakukan sosialisasi dan kemitraan dengan berbagai pihak.

Pernyataan yang sama, juga dikemukakan Kepala Bagian Analisis Data Kependudulan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Suyono. Menurut dia, Lampung merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap penyebaran penyakit HIV/AIDS dan narkoba, khususnya di kalangan remaja.

Hal itu ia kemukakan berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia, beberapa waktu lalu. Perhitungannya, kata dia, Lampung dan Jakarta merupakan lalulintas narkoba dan Lampung merupakan jalur akses dari Sumatera ke Jakarta.

"Untuk menanggulangi itu, kami sudah melakukan upaya dengan mendirikan Pusat Konsultasi Remaja (PKR) di berbagai daerah, seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, termasuk di Lampung," ujar Suyono.

Menanggapi kerawanan penyakit tersebut, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai kebangkitan Bangsa (PKB), Chusnunia mengatakan, HIV/AIDS merupakan jenis penyakit yang sangat sulit diobati. Karena itu, Komisi IX menghimbau kepada pihak-pihak terkait di Provinsi Lampung, untuk meningkatkan upaya pencegahan, terutama kaitannya dengan kenakalan remaja.

Ia juga mengatakan, kecenderungan meningkatnya kasus HIV/AIDS di Lampung lebih disebabkan oleh kenakalan remaja yang menggunakan jarum suntik dalam mengkonsumsi narkoba. Hal itu, kata dia, bisa ditanggulangi melalui kerjasama antara BKKBN dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara itu, terkait kondisi kesehatan pada umumnya yang terjadi di Lampung, Ketua Komisi IX DPR Soepriyatno menyatakan perlunya peningkatan melalui penyuluhan yang dilakukan instansi terkait. Hal itu tentu saja perlu dilakukan dengan bekerja sama dengan pemerintahan daerah. (Sugandi)

Sumber: Suara Karya Online




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4486