Media Miliki Peran Strategis dalam Perlindungan Anak
Tanggal: Friday, 29 July 2011
Topik: Narkoba


Suara Merdeka CyberNews, 27 Juli 2011

Semarang, Media selama ini memainkan peranan penting dalam membangkitkan kesadaran mengenai hak-hak anak. Melalui media, masyarakat dapat lebih peduli terhadap hak-hak anak, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, pencegahan HIV/AIDS dan perlindungan anak dalam agama.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dr Asrorun Ni'am Sholeh MA mengatakan, perlindungan terhadap hak-hak anak tidak hanya sekedar pencegahan dan penindakan saja, akan tetapi pemenuhan hak adalah hal besar yang harus dilakukan oleh semua elemen.

''Untuk mendapatkan hak yang optimal, hak yang paling dasar harus ditegakkan. Salahsatunya dalam pemenuhan hak agama bagi anak-anak dalam pendidikan,'' ujarnya saat berkunjung ke Suara Merdeka Biro Kota Semarang dan Cybernews di Jl Pemuda 95-97, Rabu (27/7) sore.

Ni'am yang juga dosen Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu berharap, Suara Merdeka sebagai koran terbesar di Jawa Tengah telah turut membantu melakukan perlindungan anak yang nyata, terutama dalam pemberitaan tentang anak-anak. Dalam hal pendidikan, kata dia, hak anak untuk memperoleh pelajaran agama juga harus terpenuhi. Amanah Undang-undang Sisdiknas setiap siswa memiliki hak mendapat pelajaran agama sesuai agama yang dianutnya, dan dari pengajar yang seiman.

''Ketika terjadi masalah dalam perlindungan anak, tidak bisa diurai di ujung, tapi harus dicari akar permasalahannya. Media bisa secara sinergis turut melakukan ini, karena memiliki jaringan yang sangat luas kepada stakeholder,'' jelasnya.

Kepala Biro Kota Semarang Agus Toto Widyatmoko menyatakan, selama ini Suara Merdeka terbuka dengan siapapun termasuk dalam upaya perlindungan anak karena menjadi kewajiban seluruh elemen masyarakat, termasuk media sebagai pilar demokrasi keempat.

''Kita terbuka, dan selama ini pemberitaan Suara Merdeka yang menyangkut masalah anak ada kebijakan redaksional yang tentunya memberi perlindungan kepada anak,'' katanya.

(Muhammad Syukron/CN34/JBSM)

Sumber: Suara Merdeka Cyber News




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4490