23 Kasus HIV/AIDS Bayangi Kampung Turis Ubud
Tanggal: Friday, 29 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 28 Juli 2011

GIANYAR: Perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, kini dibayangi 23 kasus HIV/AIDS, sehingga memerlukan dukungan dan peran serta semua pihak agar tidak bertambah.

Ketua Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Gianyar Dewa Oka Sedana, Kamis (28/7), mengatakan pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi dan pelatihan menyangkut upaya menekan timbulnya penyakit yang mematikan itu.

Ia mengatakan itu saat penutupan pelatihan peningkatan rujukan VCT dan PMTCT (prevention from mather to child transmission) bagi bidan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar. Menurutnya, di Kecamatan Ubud hingga kini pihaknya sudah menangani 23 kasus.

Secara menyeluruh, ujar Dewa Oka, di Pulau Bali hingga Mei lalu tercatat sebanyak 4.464 kasus HIV/AIDS yang merenggut korban jiwa 392 orang. Sedangkan di Kabupaten Gianyar terdapat 206 kasus dengan 24 kematian. Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Sukawati dengan 38 kasus, disusul Kecamatan Gianyar sebanyak 25 kasus, Ubud 23 kasus, Tegallalang 12 kasus, Tampaksiring empat kasus, Blahbatuh 15 kasus, dan di Kecamatan Payangan delapan kasus.

Menurutnya, penularan HIV/AIDS terjadi melalui heteroseksual sebanyak 72,6%, injecting drug use (IDU) 17,2%, dan kelahiran sebanyak 2,46%. Ia mengharapkan dengan pelatihan bidan akan tersedia tenaga bidan deteksi PMTCT terlatih dalam bidang penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Gianyar. Selain itu, diharapkan mereka mampu mendeteksi penularan HIV dari ibu hamil kepada bayi. (Ant/OL-01)

Sumber: Media Indonesia



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4495