Wali Kota Medan Sampaikan Pengantar Ranperda Kesehatan
Tanggal: Friday, 29 July 2011
Topik: Narkoba


Berita Sore, 28 Juli 2011

MEDAN: Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menyampaikan nota pengantar terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Medan tentang sistem Kesehatan Kota Medan, Rabu (27/07) di ruang paripurna DPRD Medan. Dasar pemikiran pengajuan rancangan ini dinyatakan dalam UU No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemajuan dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya Menurut Wali Kota, kesehatan masyarakat investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Untuk mencapai tujuan itu diperlukan berbagai upaya berbagai pihak, baik pemerintah, swasta serta setiap komponen masyarakat.

Sesuai UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, bidang kesehatan adalah salah satu urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota. Maka Pemko Medan memandang perlu melibatkan berbagai pihak terkait dalam pembangunan dan pengelolaan kesehatan secara optimal.

Sebagaimana diketahui, prevalensi HIV/AIDS terus meningkat, Kota Medan merupakan daerah endemis penyakit demam berdarah (DBD). Disamping itu banyak juga maslah penyakit umum seperti Ispa, diare, gizi buruk pada balita dan penyakit degreneratif. Maka diperlukan satu komitmen berbagai pihak dalam pembangunan kesehatan, agar semua pihak mempunyai tanggung jawab secara moral dan administratif termasuk hukum dan pelaksanaannya.

Wali Kota melihat selama ini peran dan fungsi masing-masing pihak terkait belum terumuskan secara tegas sehingga diperlukan peraturan daerah yang memberi arah, dasar, bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan di Kota Medan. Perda ini nantinya akan mengikat bernagai pihak terkait untuk kontribusi terhadap upaya pembangunan dan pengelolaan bidang kesehatan di Kota Medan.(zili)

Sumber: Harian Berita Sore



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4497