Balsel Rawan Penyebaran TB dan HIV
Tanggal: Friday, 29 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Balikpapan Pos, 29 Juli 2011

BALIKPAPAN - Untuk menanggulangi dampak penyebaran penyakit tuberculosa (TB) dan HIV, para dokter di lingkungan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) VI Mulawarman mendapatkan masukan dan materi dari tim dokter Perkumpulan Pemberantasan Tuberculosa Indonesia (PPTI) Balikpapan dan tim VCT RS Tentara Hardjito, yang diadakan di kantor Kesdam, Kelurahan Klandasan Ulu kemarin.

“Kawasan Balikpapan Selatan perlu diwaspadai masalah penyebaran penyakit ini,” kata dr Ademalla SpP kepada para tim medis yang mengikuti kegiatan ini.

Menurut Ademalla, penyebaran penyakit ini memang perlu diantisipasi sejak awal, karena penderitanya memiliki penyakit yang bisa meyebar ke orang lain. Karena Kecamatan Balikpapan Selatan (Balsel) ini memiliki penduduk terpadat di Balikpapan, maka risiko menyebar dan tertularnya warga terhadap penyakit ini sangat besar.

Terutama untuk penyakit HIV, yang dari beberapa kasus ada penderitanya tidak mengetahui kalau dirinya terkena HIV. Karena kondisi tubuhnya yang segar dan tidak ada kelainan, tetapi begitu dibawa ke rumah sakit ternyata memiliki penyakit HIV dan TB.

Sementara itu Sekretaris PPTI kota Balikpapan dan juga koordinator VCT H Salman mengingatkan masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke dokter maupun rumah sakit kalau kondisi tubuhnya sering sakit. Siapa tahu malah mengidap penyakit TB maupun HIV. Semakin cepat diketahui maka semakin cepat ditangani.

“Pada 2011 Pemkot Balikpapan fokus mengupayakan penanggulangan dua jenis penyakit ini,” kata Salman.

Dikatakannya, sebagai salah satu upaya untuk fokus menanggulangi dua jenis penyakit itu ialah melakukan penanganan secara terpadu antara Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya hingga sampai ke tingkat kelurahan maupun RT.

Menurut dia, Pemkot Balikpapan sudah mencanangkan Program Penanggulangan TB dan HIV/AIDS, sehingga penanggulangan dua jenis penyakit itu bisa terfokus selama 2011. Penyakit TB, kata dia, merupakan penyakit yang bisa menyerang semua kelompok usia, mudah menular dan bersifat kronis. Untuk di Balsel lanjut Salman telah ada para kader dan relawan yang siap turun untuk membantu penderita kedua penyakit ini.(*/are)

Sumber: Balikpapan Pos



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4499