http://international.okezone.com
">


Wabah AIDS Meluas di Timteng & Afrika Utara!
Tanggal: Thursday, 04 August 2011
Topik: Narkoba


Okezone.com, 03 Juli 2011

LONDON - Wabah virus HIV Aids tersebar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Kaum gay dan pria biseksual diduga menjadi pihak yang bertanggung jawab atas penyebaran virus tersebut.

Setelah para peneliti mengadakan analisa dari banyak sumber, mereka menemukan bukti yang cukup besar bahwa penularan virus HIV umumnya terjadi ketika seorang pria melakukan hubungan seks sejenis dengan pria lain.

Pada 2008 lalu, para peneliti juga menyatakan, penularan HIV sering kali terjadi saat kedua pria melakukan seks lewat anus.

Para peneliti juga menekankan setiap negara agar bertindak cepat demi mengatasi penyebaran virus mematikan tersebut. Harus dilakukan pemeriksaan, pencegahan dan perawatan bagi pria yang melakukan hubungan kelamin dengan sesama jenis demi mencegah penyebaran virus tersebut, demikian seperti diberitakan Reuters, Rabu (3/8/2011).

Diperkirakan 33,3 juta warga di dunia ini sudah terinfeksi virus HIV pada 2009 lalu, laporan ini diutarakan oleh PBB dan sebanyak 22,5 yang terjangkit virus tersebut, ada di wilayah Sub Sahara Afrika.

Homoseksual dan juga biseksual memang merupakan hal yang tabu bila dibicarakan di negara-negara di Timur Tengah. Namun seorang peneliti dari Sekolah Medis Weill Cornell di Qatar menemukan bukti, penyebaran virus tersebut meningkat lima persen di Mesir, Sudan, Pakistan dan Tunisia.

"Pria homoseksual di kawasan tersebut umumnya hidup dalam komunitas sosial yang tersembunyi karena sikap mereka dinilai menodai norma yang berlaku," ujar seorang peneliti Ghina Mumtaz.(rhs)

Sumber: http://international.okezone.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4523