http://www.analisadaily.com
">


Sengaja Menularkan AIDS kepada 10 Wanita, Seorang Pria Kanada Dihukum Seumur Hid
Tanggal: Thursday, 04 August 2011
Topik: Narkoba


Harian Analisa, 04 Agustus 2011

SEORANG pria Kanada yang dipidana karena melakukan pembunuhan dengan sengaja menyebarkan virus AIDS ke 10 wanita diganjar hukuman penjara seumur hidup. Pria yang dijuluki sebagai "HIV murderer" itu bernama Johnson Aziga. Pria berusia 50-an tahun tadi dinyatakan bersalah pada April tahun 2009 atas dua dakwaan pembunuhan terencana -- pertama di Kanada -- dan 10 dakwaan serangan seksual dengan kekerasan karena menyebarkan virus AIDS yang dia idap kepada para kekasihnya.

Suatu hukuman seumur hidup di Kanada kerap memiliki kemungkinan pengampunan setelah terpidana menjalani 25 tahun hukuman, namun sebuah pengadilan di Ontario menetapkan Aziga sebagai seorang "kriminal berbahaya", yang artinya sebuah komisi akan memutuskan apakah pengampunan dapat diberikan.

Aziga -- yang mengetahui kondisi kesehatannya pada 1996 -- telah melakukan hubungan intim tanpa alat pelindung dengan 11 wanita, yang tak satupun dari mereka diberitahu mengenai status dirinya positif HIV. Tujuh wanita terinfeksi, dan dua orang sejak itu telah meninggal akibat komplikasi terkait AIDS.

Aziga, mantan pegawai kementerian kehakiman propinsi, mengatakan kepada pengadilan bahwa dia tidak pernah bermaksud menyebarkan virus tersebut kepada para wanita itu dan bahwa dia tak membeberkan statusnya dikarenakan larangan atau tabu budaya dan keagamaan di tanah airnya.

Pria berdarah Uganda itu mengaku ingin melepaskan kewarganegaraan Kanada dan menjalani hukumannya di Uganda atau Kenya karena dia yakin tidak menerima persidangan yang adil di Kanada, menurut televisi publik CBC.

Para penuntut berpendapat Aziga bisa menjadi ancaman lebih besar menularkan virus itu jika kelak dibebaskan.

Namun para pembelanya menyatakan bahwa selama delapan tahun mendekam di penjara sejak dia ditangkap pada 2003, Aziga telah berubah, mengetahui berbagai risiko kesehatan yang terekspos dari kondisinya dan tidak akan mengulangi prilaku yang sama. (afp/bh)

Sumber: http://www.analisadaily.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4525