PMI Harap Pendonor Bertambah
Tanggal: Friday, 05 August 2011
Topik: Narkoba


Tribun Pontianak, 04 Agustus 2011

PONTIANAK - Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak selalu berusaha mencari dan menarik masyarakat agar mau jadi pendonor apalagi tetap. Misalnya dalam berbagai event di instansi ataupun lainnya, PMI ikut bagian dengan menggelar kegiatan donor darah.

Permintaan darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Pontianak, selama beberapa hari Ramadan ini cukup banyak, tetapi tidak meningkat.

"Permintaan memang cukup banyak sekitar 50 kantong per hari rata-ratanya. Tapi belum bisa dikatakan meningkat, ya masih bisa dibilang normal lah," kata Ismail, Kepala P2D2S PMI Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (4/8/2011).

Untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam jumlah sebesar itu, sampai saat ini PMI masih dapat memenuhinya. "Kalaupun darahnya sudah habis atau tidak ada golongan darahnya, biasanya dari pasien yang membawa sukarelawan sendiri. Itu juga sangat membantu kami. Karena tahu sendiri kan, kadang ketersediaan kita kurang disebabkan kurangnya pendonor," terangnya.

Ismail berharap, semakin muncul kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor, akan semakin membantu PMI menyediakan darah. "Tapi kadang banyak juga yang mau donor, tahu-tahu tidak bisa. Ada yang HB nya rendah, tidak cukup berat badan atau ada darahnya yang tidak bisa dipakai karena mengandung penyakit misal hepatitis atau HIV/AIDS," pungkasnya.

Sumber: Tribun News



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4530