Aktivis Rumah Cemara Jalan Kaki Bandung-Jakarta
Tanggal: Monday, 08 August 2011
Topik: Narkoba


TribunNews.Com, 06 Agustus 2011

BANDUNG
- Derajat Ginanjar atau Ginan (31), aktivis Rumah Cemara, berjalan kaki dari Bandung ke Jakarta, mulai Sabtu (6/8/2011). Aksi itu dilakukannya karena tim sepak bola Rumah Cemara dipastikan mengikuti kejuaraan dunia Homeless World Cup, di Prancis, pada 21-28 Agustus 2011.

Rencananya, perjalanan itu akan berakhir pada Rabu (10/8/2011).

Menurut Tri Irwanda M, Media Relations Officer KPA Provinsi Jawa Barat, kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari nazar yang telah diniatkan Ginan karena tim sepak bola Rumah Cemara sudah mendapat sponsor sehingga dapat mengikuti kejuaraan dunia Homeless World Cup 2011 mewakili Indonesia.

"Sepak bola adalah salah satu terobosan kampanye HIV-AIDS yang dilakukan Rumah Cemara sejak 2009. Bagi Rumah Cemara, sepak bola menjadi jembatan untuk bertemu banyak orang, menyampaikan informasi tentang HIV-AIDS sekaligus melunturkan stigma dan diskriminasi. Kegiatan kampanye Rumah Cemara melalui sepak bola diberi nama football for Change," kata Tri, Jumat (5/8/2011).

Ginan rencananya berangkat dari Ciwaruga Sabtu (6/8/2011) pukul 06.00 WIB, tapi molor satu jam dari rencana. Meski begitu, Ginan sudah siap melakukan nazarnya berjalan kaki menuju Jakarta. Ia ditemani kurang lebih enam orang, termasuk tim kesehatan.

"Saya sudah siap, doakan saja semuanya berjalan lancar," kata Ginan sebelum menjalankan aksinya berjalan kaki Bandung-Jakarta.

Dituturkan Ginan, ia memilih cara ini untuk meluapkan kegembiraannya karena bersama timnya bisa mewakili Indonesia di kejuaraan dunia tersebut.

Ginan dan tim akan bertanding dengan 70 negara lainnya. Ia mengaku timnya sudah siap untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Selain meluapkan kegembiraan, ujarnya, pilihan berjalan kaki merupakan salah satu cara mendapatkan ketenangan secara spiritual. Harapannya, selama berjalan juga banyak mendapat renungan yang bisa menjadi spirit baginya.

"Ini kan yang pertama. Semoga banyak pengalaman di jalan yang positif yang bisa diambil," ujarnya.

Bonang, juru bicara Rumah Cemara, mengatakan secara fisik, kondisi Ginan sudah siap untuk menempuh jarak Bandung-Jakarta. Secara fisik, Ginan juga mengaku tak mengalami masalah.

Bonan menambahkan, sampai Sabtu sore, posisi Ginan sudah sampai di Rajamandala. Targetnya Sabtu malam bisa sampai dan menginap di Cianjur. "Kondisi Ginan sampai sore ini (kemarin) masih baik. Hanya lemas karena jalan jauh saja," ujarnya, saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (6/8/2011) sore.

Rencananya, rute yang akan dilalui Ginan adalah Sabtu (6/8) Ciwaruga (Perbatasan Kota Bdg-Kab Bandung Barat)-Ciranjang. Pada Minggu (7/8) Ciranjang-Cipanas, dilanjutkan Senin (8/8) Cipanas-Puncak (Cisarua) dan Selasa (9/8) Cisarua-Cibinong. Serta rute terakhir Rabu (10/8) Cibinong-Pasar Minggu/Lenteng Agung, Jakarta.

Sumber: TribunNews.Com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4540