Di Tanjung Elmo, 57 PSK Terkena IMS
Tanggal: Monday, 08 August 2011
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 08 Agustus 2011

SENTANI – Meski Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memiliki Peraturan Daerah No 20 tahun 2003 tentang Penanggulangan HIV-AIDS dan IMS, yang salah satunya mengatur kewajiban penggunaan Kondom di Lokalisasi Tanjung Elmo, namun tampaknya Perda belum sepenuhnya ditaati, para Pekerja Seks Komersial (PSK) maupun para hidung belang pengunjung Tanjung Elmo.

Hal ini terbukti, selama bulan Juli 2011 lalu, 57 Pekerja Seks Komersial (PSK) di Lokalisasi Tanjung Elmo ditemukan positif terjangkit Infeksi Menular Seksual (IMS). Hal ini, sangat berbahaya karena IMS ini merupakan salah satu pintu masuk untuk penyebaran HIV-AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura,Dr. Reginald Hutabarat,M.Kes mengungkapkan bahwa 57 PSK yang terdeteksi terjangkit IMS itu, diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan yang diakukan di Wisma Terpadu Cenderawasih PKBI Papua selam bulan Juli 2011 lalu.

Dari data Bidang Penanganan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, menyebutkan bahwa 57 orang yang terdeteksi terkena IMS selama pemeriksaan bulan Juli lalu ini, 56 diantaranya adalah wanita Pekerja Seksual Komersial dan 1 orang adalah pria di Lokalisasi Tanjung Elmo.

“Dari 57 orang yang terinfeksi IMS ini, rata-rata berusia antara 15 sampai 50 tahun, kami sudah rujuk 8 orang diantaranya untuk melakukan pemeriksaan VCT,”ungkap dokter Reginald saat ditemui Cenderawasih Pos di kantornya, Jumat (5/8).

Dengan melakukan VCT (Voluteer and Conseling Test) ini diharapkan kalau memang sudah terjangkit virus HIV, maka bisa ditangani lebih awal, supaya tidak sampai terlambat sampai terkena berbagai penyakit akibat AIDS, atau daya tahan tubuhnya bisa tetap dijaga.

Dengan semakin bertambahnya PKS yang teriveksi IMS ini,Reginald menganjurkan kepada para pekerja seks di Lokalisasi Tanjung Elmo, agar setiap kali melakukan hubungan seks harus mengunakan Kondom guna mencegah terjadinya penularan IMS.”IMS merupakan pintu masuk HIV-AIDS oleh karena itu dianjurkan kepada para penjaja seks agar senantiasa menggunakan kondom,”ujarnya. (ben/tri)

Sumber: Cenderawasih Pos



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4546