Hasil Tes Kesehatan Tiga Balon Diserahkan ke KPU
Tanggal: Wednesday, 10 August 2011
Topik: Narkoba


TribunNews.Com, 08 Agustus 2011

YOGYA, – Hasil pemeriksaan kesehatan ke tiga bakal calon pasangan kepala daerah yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Yogyakarta 25 September mendatang akan diserahkan hari ini, Senin (8/8) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasil tes kesehatan yang diterima KPU akan di plenokan untuk menentukan siapa bakal calon pasangan yang memenuhi syarat dan lolos syarat pencalonan.

Anggota Komisioner KPU Yogyakarta, Titok Hariyanto menuturkan, hasil tes pemeriksaan tim dokter khusus, dari ketiga bakal calon pasangan baru akan diserahkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Yogyakarta, hari Senin ini. “Hasilnya seperti apa kami belum tahu,” kata Titok.

Menurut Titok, jika hasil pemeriksaan dokter pada 20 Juli lalu menemukan penyakit yang tidak bias disembuhkan pada salah satu calon, KPU tidak akan memberikan toleransi. Karena menurutnya, syarat kesehatan fisik maupun psikologi harus dipenuhi agar tidak beresiko bagi masyarakat.

Belajar dari Kabupaten Gunungkidul, yang kehilangan kepala daerah setelah belum lama dilantik, KPU Yogyakarta tidak akan memberikan toleransi jika yang bersangkutan memiliki resiko penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Setelah dilakukan rapat pleno terhadap syarat administrasi pencalonan dan hasil tes kesehatan, Titok mengatakan, siapa pasangan yang lolos syarat pencalonan baru akan diumumkan tanggal 9 Agustus besok. Selanjutnya pada tanggal 11 KPU akan menetapkan pasangan calon dan memberikan nomor urut pasangan.

Terpisah, Ketua tim dokter Pilkada dari Ikatan Dokter Indonesa (IDI) dr Mulya Hartana mengatakan, IDI tidak berwenang membeberkan ke publik terkait hasil tes kesehatan yang kemarin sudah dilakukan tim dokter. “Kami hanya menyerahkan hasil tes kesehatan ke KPU. Untuk hasilnya bagaimana, nanti KPU yang berhak mengumumkan kepada publik,” jelas Mulyana.

Demikian juga ketika ditanya siapa bakal calon yang melakukan tes kesehatan lanjutan, Mulyana mengatakan, tim dokter tidak memiliki kewenangan untuk membeberkan hasilnya. Sebab menurutnya, kewenangan untuk membeberkan hasil tes kesehatan maupun pemeriksaan lanjutan, ada di tangan KPU Yogyakarta sebagai pihak penyelenggara Pilkada.

Tiga bakal calon pasangan wali kota dan wakil wali kota sebelumnya telah di periksa kesehatannya. Mereka menjalani serangkaian tes kesehatan diantaranya pengecekan peyakit dalam, syaraf, mata, telinga hidung tenggorokan (THT), kardiologi dan kejiwaan. Mereka juga diambil urine untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terlibat penggunaan narkoba atau tidak, serta pengecekan terhadap HIV/Aids.

Sumber: TribunNews.Com



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4550