http://www.beritajatim.com
">


Duh! Pengguna Narkoba di Malang Terus Bertambah
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: Narkoba


beritajatim.com, 10 Agustus 2011

Malang - Tingginya kasus narkotika, obat-obatan dan zat adiktif lainnya (Narkoba) di Jawa Timur saat ini, menjadi perhatian serius Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Malang, Achmad Subhan.

Menurut Subhan, langkah yang akan diambil guna memerangi dan menekan angka penyebaran sekaligus pengguna narkoba di Kabupaten Malang adalah, dengan terus menerus memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba pada sekolah-sekolah dan seluruh element masyarakat.

"Narkoba sudah membahayakan. Di Kabupaten Malang, tiap tahunnya jumlah pengguna narkoba terus bertambah. Harus kita tekan mulai sekarang," ungkapnya, Rabu (10/8/2011).

Ditegaskan Subhan yang juga menjabat Wakil Bupati Malang itu, pengguna narkoba di Kabupaten Malang sesuai data statistik mencapai 2.000 orang lebih. Jumlah ini, diprediksi terus bertambah setiap tahunnya. Langkah pencegahannya adalah, BNK akan terus melakukan sosialisasi tentang bahaya penggunaan narkoba.

Subhan menjelaskan, dari tingginya angka pengguna narkoba, terbanyak adalah dengan cara menyuntikkan atau lewat jarum suntik narkoba. Nah, karena jarum suntik narkoba sangat tinggi di Kabupaten Malang, jumlah penderita HIV/AIDS ikut meningkat. Terbanyak penderita HIV/AIDS akibat tertular penggunaan jarum suntik dari para pelaku narkoba.

"Jumlah penderita HIV/AIDS akibat jarum suntik narkoba mencapai 200 orang. Mereka laki-laki dan perempuan. Mayoritas adalah mantan tenaga kerja ke luar negeri," terangnya.

Ditambahkan Subhan, upaya BNK mencegah agar tidak marah pengguna narkoba jarum suntik dengan terus melakukan kampanye sadar narkoba. Pihaknya juga mengusulkan agar anggaran penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba secara global ditingkatkan. Hal itu mengacu pada wilayah Kabupaten Malang dengan 33 Kecamatan. Luasnya wilayah ini, membuat tugas BNK Kabupaten Malang sangat berat jika tidak ditunjang anggaran yang cukup. [yog/kun]

Sumber
: http://www.beritajatim.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4558