Ada 498 Wanita Pekerja Seks di Manado
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: Narkoba


Tribun News, 10 Agustus 2011

MANADO - Ada 498 Wanita Pekerja Seks (WPS) di Manado menurut data Komisi Penanggulangan HIV/Aids Daerah (KPAD) Kota Manado. WPS sudah termasuk para pekerja seks komersil (PSK) yang kini setiap hari beroperasi di beberapa titik tertentu karena tidak ada lokalisasi PSK di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Sonny Winda anggota KPAD Manado menjelaskan WPS terdiri atas 2 bagian yaitu WPS langsung dan tidak langsung. "WPS langsung adalah pekerja seks (pelacur) sedangkan WPS tidak langsung ada wanita-wanita yang bekerja atau pengunjung tetap tempat-tempat hiburan seperti pub dan cafe," jelasnya kepada Tribun Manado (10/8).

Adapun data itu merupakan hasil pemetaan KPAD Manado pada Oktober 2010. Perkembangan jumlah tidak signifikan sebab KPAD selalu memantau lokasi-lokasi yang sudah dipetakan tersebut. "Sekarang ada 17 lokasi pub di Manado yang kami dampingi untuk program pencegahan HIV/Aids. Selain pemeriksaan kesehatan, setiap minggu kami rutin membagikan kondom dan rutin mengecek pengunaan kondom itu secara profesional," terangnya.

Dijelaskannya pembagian kondom penting untuk mencegah menyebarnya penyakit HIV/Aids. "Ini satu bentuk pencegahan yang efektif selain sosialisasi di sekolah-sekolah, instansi dan kelompok masyarakat lainnya," ujarnya

Sumber: Tribun News



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4561