Empat Warga Sumenep Mengidap HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita Jatim, 11 Agustus 2011

Sumenep - Empat warga Kabupaten Sumenep, ditemukan terinfeksi HIV/AIDS selama tahun 2011.

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Sumenep, Sukirman, Kamis (11/08/2011) menjelaskan, keempat penderita HIV/AIDS tersebut berasal dari Kecamatan Kota, Batang-batang, Dungkek, dan Pragaan. "Tapi maaf, kami tidak boleh menyebut secara rinci alamat tempat tinggal dan identitas penderita HIV/AIDS," katanya.

Yang jelas, lanjut Sukirman, satu dari empat penderita HIV/AIDS tersebut, tahun ini meninggal dunia. "Jadi sekarang ada tiga penderita yang positif mengidap HIV/AIDS dan tengah dalam perawatan intensif," ujarnya.

Sukirman memaparkan, empat warga Sumenep yang positif terjangkit HIV/AIDS tersebut rata-rata merupakan pekerja di luar daerah dan luar negeri. "Ada yang jadi TKW, ada yang kerja di Bali, pokoknya di luar Sumenep lah. Mereka pulang ke Sumenep sudah dalam kondisi sakit," ungkapnya.

Sukirman menambahkan, selain melakukan pengobatan pada penderita, pihaknya juga melakukan konseling pada keluarga penderita. "Jangan sampai orang dekat penderita ini tertular juga. Dan kami memberikan konseling secara psikis, sehingga mereka mengerti bahaya penyakit tersebut," tandasnya.

Sejak 2002 hingga 2010, jumlah warga Sumenep yang terdeteksi terifeksi HIV/AIDS, terus meningkat. Data di Dinas Kesehatan Sumenep, pada 2002 hingga 2006 ditemukan masing-masing satu kasus, kemudian 2008 dua kasus, 2009 sembilan kasus, dan 2010 14 kasus. Untuk tahun 2010, dari 14 penderita HIV/AIDS, 8 diantaranya meninggal dunia. [tem/kun]

Sumber: Berita Jatim



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4562