Sel Tubuh yang Kena Virus HIV Digiring untuk Bunuh Diri
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: HIV/AIDS


Detik.Com, 11 Agustus 2011

California, Virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga kini masih sulit dilawan yang membuat penderitanya terancam kematian. Sebuah terobosan baru dibuat untuk melawan virus ini. Caranya dengan menggiring sel-sel tubuh yang kena virus HIV untuk bunuh diri.

Ilmuwan University of Sourthern California telah menciptakan sebuah virus yang mampu memburu sel terinfeksi HIV. Virus tersebut mengunci sel yang terinfeksi HIV kemudian melemahkannya dengan apa yang disebut 'terapi gen bunuh diri'. Metode yang dalam istilah medis disebut vektor lentiviral ini memungkinkan pengobatan untuk menghancurkan virus HIV.

"Jika mampu menghabiskan semua sel yang terinfeksi HIV, setidaknya sebagian masalah terselesaikan," kata Dr. Pin Wang, profesor teknik kimia di USC Viterbi School of Engineering seperti dikutip dari esciencenews.com, Kamis (11/8/2011).

Proses ini serupa dengan praktek militer 'buddy lasing', yaitu seorang tentara di medan tempur membidik target dengan laser untuk memandu serangan bom dari pesawat terbang lebih akurat.

"Seperti serangan bom yang akurat tersebut, pendekatan dengan virus yang menarget HIV ini memiliki keuntungan untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu, dan menjaga sel-sel yang tidak terinfeksi oleh HIV. Akurasi tersebut tidak dapat dicapai jika hanya menggunakan obat saja," kata Wang.

Sejauh ini, vektor lentiviral hanya diuji di laboratorium dan telah merusak sekitar 35 persen sel-sel HIV yang ada. Tidak terlalu besar memang, tapi terobosan ini cukup menjanjikan.

Aplikasi penanganan untuk manusia masih memerlukan kajian ulang beberapa kali untuk memaksimalkan efektivitas. Langkah-langkah berikutnya adalah dilakukan prosedur pengujian pada tikus.

"Meskipun merupakan terobosan penting, metode ini belum menyembuhkan. Ini baru merupakan penelitian tahap awal, namun ini adalah satu pilihan yang tepat untuk menuju proses penyembuhan)," kata Wang. (ir/ir)

Sumber
: Detik.Com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4564