Pengidap HIV/AIDS di Karawang Mencapai 244 Orang
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 11 Agustus 2011

KARAWANG – Kabupaten Karawang merupakan salah satu daerah yang terdapat virus HIV/AIDS. Virus ini pertama kali ditemukan di Karawang pada tahun 1992. ”Dan berdasarkan data yang dimiliki oleh KPA dan Dinas Kesehatan Kab. Karawang, pada akhir tahun 2010 jumlah pengidap HIV/AIDS mencapai 244 orang. c Jumlah pengidap HIV/AIDS di Karawang cukup tinggi, dimana pengidapnya dari berbagai jenis kelamin, yaitu pria, wanita, serta waria.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica yang juga sebagai Ketua Komite Penanggulangan AIDS (KPA) pada acara Training of Trainer (ToT) Keluarga Peduli AIDS Tingkat Mahasiswa, di Kampus STMIK Kharisma Karawang, Kamis (1/8). Wakil Bupati lebih jauh mengungkapkan, tingginya pengidap HIV/AIDS di Karawang dapat ditekan bila kita semua mampu bekerjasama, khususnya dari KPA, tokoh agama dan masyarakat, serta para pemuda dan masyarakat. ”Terlebih saat ini semakin marak orang melakukan hubungan seksual secara tidak halal, yang menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya HIV/AIDS,” ujarnya.

Karawang merupakan salah satu daerah yang sangat strategis dalam penyebaran HIV/AIDS, karena letaknya yang berada diantara ibukota Jakarta dan Bandung. ”Oleh karena saya berharap dengan adanya TOT ini, unsur pendidikan dan perguruan tinggi dapat ikut mensosialisasikan bahaya tersebut kepada masyarakat, kata dr. Cellica

Sekarang ini, jumlah pengidap HIV/AIDS ibarat fenomena gunung es, dimana jumlah yang terdeteksi hanya merupakan sebagian kecil. Diperkirakan jumlah pengidap HIV/AIDS yang sesungguhnya jauh lebih besar lagi. ”Untuk itu, mudah-mudahan upaya penanggulangan dan preventif HOV/AIDS kedepan dapat bisa terus kita lakukan,” tambahnya.

Endang Makmur dari Yayasan Pendidikan Kharisma menambahkan, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa dari STMIK dan STIKES Kharisma, melainkan juga para perwakilan dari sembilan perguruan tinggi yang ada di Karawang, seperti Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), STMIK Pamitran, STIE Budi Pertiwi,” jelasnya. (nourkinan/sir)

Sumber: Pos Kota




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4571