1 Lagi Warga Medan Positif HIV
Tanggal: Friday, 12 August 2011
Topik: HIV/AIDS


Harian Berita Sore, 11 Agustus 2011

MEDAN: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan, kembali menerim seorang pasien pengidap virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) penyebab Aquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) yang telah dirawat sejak Senin (08/08) sore.

Pantauan Berita, Selasa (09/08), di rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan itu, kondisi pasien HIV/AIDS yang diidentifikasi berinisial MRH, 24, warga Jalan Sekata Kecamatan Medan Barat itu terbaring lemas di ruang XXI Kelas III Lantai II RSUD dr Pirngadi Medan.

Kondisinya cukup memprihatinkan, dimana kaki dan tangan MRH sudah mulai kurus dan kelopak matanya sudah cekung. Kondisi MRH diketahui memburuk sejk dua minggu lalu. Dia kerap mengalami demam tinggi dan di dadanya terdapat luka memerah (herves).

Menurut MRH, dia sempat dibawa keluarganya untuk konseling dan terapi di Lubuk Pakam. Dari diagnosa diketahui MRH mengalami TB Paru dan terjangkit HIV/AIDS. Saat itu keluarganya tidak menerima kenyataan yang dialaminya, namun akhirnya diterima apa adanya.

MRH mengakui, penyakitnya ini mungkin berawal dari kerapnya dia berhubungan seksual dengan wanita pekerja kafe di kawasan Marelan. Tapi dia mengaku tidak berganti-ganti pasangan saat berhubungan intim tersebut. “Ada enam kali aku datang ke kafe itu, tapi aku tidak pernah tukar cewek. Dia-dia saja pasanganku,” ungkapnya dengan menyesal.

Saat ini, MRH masih dalam perawatan secara intensif di RSU Pirngadi Medan, selama dalam perawatan RMH didampingi oleh Maria dan Tarisa, anggota sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang HIV/AIDS. Mereka bertugas memberikan advokasi kepada keluarga bahwa MRH dapat bertahan hidup lama jika diberikan support dan pengobatan yang rutin.

“Sejauh ini kita telah mendampingi dan mengadvokasi tiga pasien HIV/AIDS yang di rawat di RSU Pirngadi Medan ini. Status mereka yang di rawat menggunakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda),” ucap Maria. (don)

Sumber: Harian Berita Sore



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4572