11 Penderita AIDS Meninggal
Tanggal: Monday, 15 August 2011
Topik: Narkoba


Metro TV News, 13 Agustus 2011

Manado: Sebelas dari 101 penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara, meninggal. "Total jumlah penderita penyakit ini yang meninggal sejak 1997 sebanyak 124 orang," urai Pengelola Admin KPA Sulawesi Utara, Patrick Johanes di Manado, Sabtu (13/4).

Menurut Patrick, angka kematian penderita HIV/AIDS tahun ini bukan yang terbesar dibanding tahun sebelumnya. Pada 2008 sebanyak 20 penderita meninggal dari 148 penderita yang terdata. Pada 2006 di mana dari 99 penderita, sebanyak 19 penderita meninggal dunia.

"Total penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara sejak tahun 1997 hingga Mei 2011 sebanyak 859 penderita. 124 penderita yang mengidap penyakit ini sudah meninggal dunia," imbuhnya.

Selain itu, Johanes juga merinci distribusi penderita HIV/AIDS yang paling dominan berada di interval usia produktif yakni 20-39 tahun. Sebanyak 641 penderita berada di interval usia ini.

"Bayi di bawah empat tahun sebanyak 45 penderita. Sedangkan yang berusia lanjut di atas 50 tahun sebanyak 24 orang," rincinya.

Karena itu harap dia, perlu perubahan perilaku agar terhindar dari penularan penyakit ini. Di antaranya, penggunaan jarum suntik yang tidak steril pada pengguna narkoba, transfusi darah, atau hubungan seksual berisiko.

"506 penderita teridentifikasi laki-laki dan 353 penderita di antaranya adalah perempuan," jelasnya.

Upaya yang dilakukan KPA Sulut saat ini menurut Johanes adalah melakukan sosialisasi kepada semua warga masyarakat termasuk melakukan intervensi langsung ketika berada di tengah-tengah komunitas berisiko.

"Intervensi langsung yang kami lakukan semisal pemberian jarum suntik steril ketika berada di tengah komunitas pengguna narkotika suntik. Begitupun dengan komunitas waria yang diberikan lubrikan," kata Johanes.(Ant/ICH)

Sumber: Metro TV News



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4578