Lampu Kuning bagi Capaian MDGs Indonesia
Tanggal: Monday, 15 August 2011
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 14 Agustus 2011

JAKARTA: Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) boleh saja diklaim sudah berada pada jalur yang benar (on the right track). Namun, beberapa target yang ada seperti capaian penurunan angka kematian ibu, penurunan angka sebaran HIV/AIDS, dan akses air bersih yang terjangkau bagi masyarakat ternyata masih jauh dari menggembirakan.

Laporan dari Badan Dunia untuk Program Pembangunan (UNDP) 2009 menempatkan Indonesia pada urutan ke-111 dari 182 negara dalam perkembangan indeks pembangunan manusia (human development index/HDI).

Ini menjadi bukti sahih bahwa orang Indonesia memiliki kualitas yang rendah di bidang kemampuan ekonomi, pendidikan dan akses kesehatan.

Peringkat tersebut bahkan lebih rendah dibanding kebanyakan negara lain di Asia Tenggara.

Singapura, misalnya, berada di ranking 23 (HDI 0,944), Brunei Darussalam ranking 30 (HDI 0,920), dan Malaysia ranking 66 (HDI 0,829).

Sementara, Thailand berada pada ranking 86 (HDI 0,783), dan Filipina ranking 105 (HDI 0,751)

"Artinya untuk kawasan ASEAN saja, dalam hal HDI kita masih menjadi underdog," papar Duta Khusus Indonesia untuk Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs)Nila D Moeloek dalam perbincangan dengan Media Indonesia, Sabtu (13/8), di Jakarta.

Satu hal yang paling membuat Nila khawatir adalah komitmen kabinet pada pencapaian MDGs hingga 2015. Pasalnya, banyak pihak yang menduga pada 2014 nanti kabinet sudah mulai tidak aktif lantaran mengejar kepentingan pemilu.

Pada akhirnya, Nila mengingatkan pada semua yang terkait agar pemenuhan target MDGs adalah hak asasi seluruh rakyat Indonesia.

Pemenuhan MDGs menurut dia, merupakan salah satu alat untuk meratakan keadilan di tingkat pusat hingga ke pelosok daerah. (Tlc/OL-10)

Sumber
: Media Indonesia



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4583