Libya Dilanda Perang, Pengidap AIDS Bebas dari Isolasi
Tanggal: Tuesday, 16 August 2011
Topik: Narkoba


OkeZone.Com, 15 Agustus 2011

BENGHAZI - Di tengah perang yang berkecamuk di Libya saat ini, ada saja yang hikmah positif yang diraih. Seorang pria yang terinfeksi HIV/AISD justru mendapatkan peluang terbebas dari isolasi yang dialaminya selama ini.

Wael Busnina merupakan salah satu korban dari 400 anak yang terinfeksi virus HIV pada tahun 1998. Saat itu Busnia sedang dirawat di rumah sakit El-Fatih Benghazi.

Pemimpin Libya, Moammar Khadafi menuduh lima perawat asal Bulgaria dan seorang dokter dari Palestina sengaja menularkan virus mematikan tersebut kepada 400 anak-anak termasuk Busnina saat itu.

Para petugas medis ditangkap, disiksa dan akhirnya dijatuhi hukuman mati, meskipun para ahli internasional menyalahkan kondisi yang tidak higienis di rumah sakit yang menimbulkan infeksi HIV/AIDS.

Busnina mengatakan, dia menghabiskan hidup sebagai paria (sampah masyarakat) ketika dia dinyatakan positif HIV. Pamannya yang tinggal di rumah yang sama dengan keluarganya, kemudian pindah. Dia pun langsung dijauhi oleh teman-temannya saat dirinya diketahui terjangkit penyakit yang mematikan ini. Demikian seperti dikutip Yahoo News, Senin (15/8/2011).

Tidak hanya itu, dia juga dimasukan ke dalam ruang isolasi di rumah sakit, saat usia sekolah. Putus asa, Busnina pun sempat mencoba bunuh diri tiga kali, namun gagal.

Saat masuk ke universitas, Busnia mendapat julukan "AIDS". Pelecehan juga dilakukan oleh penguasa, seperti polisi rahasia yang mencoba untuk menekan dirinya dan orang lain yang terkena virus yang sama untuk meninggalkan Libya.

Cengkraman rezim Khadafi atas Benghazi dan penderita AIDS lainnya di Libya berakhir dengan dimulainya pemberontakan pada bulan Februari.

Busnina mengatakan bahwa dirinya menyadari bahwa tidak semua orang jahat. Kini pria berusia 27 tahun itu diberi julukan 'disuntikan', bukan 'terinfeksi'. Ini adalah wujud dari dukungan masyarakat dan perlindungan atas perbedaan yang ada di Libya. (faj)

Sumber: OkeZone.Com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4586