Seks Bebas, 85 Kasus HIV/AIDS di Sulbar
Tanggal: Friday, 19 August 2011
Topik: HIV/AIDS


Kompas.Com, 16 Agustus 2011

MAMUJU — Perilaku seks bebas di sejumlah kota/kabupaten di Sulawesi Barat menjadi penyumbang terbesar banyaknya korban virus HIV/AIDS di wilayah itu.

Dinas Kesehatan Sulawesi Barat mencatat, sejak 2010 hingga Februari 2011 ditemukan 85 kasus HIV/AIDS. Jumlah ini meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya.

Staf Bidang Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, Ririn Handayani, dalam Workshop Duplicated Basic Media di Mamuju, Senin (15/8/2011), menyebutkan, kasus terbesar terjadi di Mamuju. Sebanyak 68 kasus HIV/AIDS ditemukan di ibu kota Sulawesi Barat tersebut. 

Menurut Ririn, praktik seks bebas di tempat-tempat hiburan malam menjadi penyumbang terbesar penyebaran HIV/AIDS di wilayah ini. Korban terbesar berikutnya adalah Matra. Di kabupaten yang berbatasan dengan Palu ini ditemukan 15 korban HIV/AIDS. 

Dua kabupaten lain, yakni Majene dan Polewali Mandar, belum memberikan laporan kepada Dinas Kesehatan Sulawesi Barat. Sejauh ini telah ada enam korban yang meninggal dunia. 

Salah satu program nyata yang kini dilakukan Dinas Kesehatan untuk menekan angka penyebaran virus mematikan ini adalah dengan menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para pekerja seks komersial.

SumberKompas.Com



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4591