Empat LSM Lokal Terima Hibah dari Jepang
Tanggal: Friday, 19 August 2011
Topik: Narkoba


VivaNews, 18 Agustus 2011

Ada 12.000 warga Jepang yang tinggal di Indonesia, dan sebanyak delapan ribu di antaranya menetap di Jakarta. Mereka mendapatkan banyak bantuan dari warga Jakarta, dan sebagai rasa terima kasih, Kedutaan Besar Jepang memberikan hibah bagi sejumlah proyek di Jakarta dan wilayah-wilayah lain.

"Pemberian program hibah ini difokuskan terhadap ibukota Jakarta sebagai bentuk rasa terima kasih Jepang karena warga Jakarta telah banyak membantu warga kami," kata Dubes Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, saat ditemui usai acara penandatanganan kontrak bantuan hibah Grassroots pada Kamis 18 Agustus 2011. Ia tak menutup kemungkinan mulai tahun depan bantuan hibah bisa diperluas ke luar Jakarta.

Bantuan dana hibah tahun ini berfokus pada lingkungan hidup. Dipilihnya tema tersebut karena Jepang ingin membantu Indonesia memperbaiki kondisi lingkungan hidupnya. Empat penerima dana hibah tahun ini memfokuskan diri pada renovasi sanitasi, penyuluhan HIV/AIDS untuk kaum muda, pengelolaan sampah berbasis bisnis, serta pembangunan fasilitas kompos.

Disinggung mengenai pengelolaan dana hibah yang terhitung besar, Katori mengaku tak khawatir. "Yang mendapatkan hibah adalah LSM lokal dengan track record bagus dan kondisi keuangan yang sehat. Kami akan sering melakukan follow-up dan pengecekan berkala," katanya. Ia juga mengharapkan proyek-proyek yang mendapatkan dana hibah bisa segera dilaksanakan, apalagi karena tidak ada tenggat waktu.

Keempat organisasi yang baru saja menandatangani kontrak bantuan hibah adalah Forum Komunikasi Pengelolaan Kualitas Air Minum Indonesia (FORKAMI), Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Jakarta Timur, Jakarta Green Monster, dan Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur. Rencananya, Kedubes Jepang akan memilih empat organisasi lagi selama periode September hingga Desember 2011 untuk menerima bantuan hibah. (ren)

Sumber: VivaNews




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4608