Info .. Ada Empat Kasus HIV di RSUD Batam
Tanggal: Tuesday, 23 August 2011
Topik: HIV/AIDS


TribunNews.Com, 22 Agustus 2011

BATAM - Beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan jumlah pasien penderita HIV di RSUD Embung Fatimah Batam. Hal ini dibenarkan Direktur RSUD Batam, Fadhilla Mallarangan, saat dihubungi pekan lalu.

Menurut data yang disampaikan konselor HIV/AIDS RSUD Batam, drg Kesfida Kesry, dalam sebulan terakhir ditemukan empat pasien yang positif HIV. Jumlah tersebut meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya dua kasus.

"Memang tidak banyak, tapi jumlahnya meningkat," kata Kesfi, Senin (22/8/2011).

Walaupun jumlah pasien HIV/AIDS di RSUD tidak banyak tapi temuan kasus ini bisa sebagai indikasi jumlah penderita HIV/AIDS di Batam mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang disampaikan Kesfi, kasus HIV di RSUD didominasi kaum pria. Meski ditemukan juga kasus di kalangan waria dan homoseksual. Dan sebagian besar merupakan masyarakat usia produktif, 15-40 tahun.

"Pasien yang ditemukan positif HIV rata-rata pasien rawat inap yang awalnya dicurigai mengidap HIV," kata Kesfi.

Pasien yang dicurigai mengidap HIV diminta untuk mengadakan pemeriksaan lanjutan. Atau misalkan ada pasien di UGD yang didiagnosa terserang malaria. Setelah dilakukan pengecekan ternyata laju endapan darahnya tinggi. Kemudian dicek ditemukan positif terjangkit penyakit yang menyerang kekebalan tubuh tersebut.

Menurut Kesfi, kesadaran masyarakat penting mengingat penyebaran HIV/AIDS terkait dengan perilaku masyarakat. Oleh karena itu perlu kewaspadaan dan keterbukaan masyarakat untuk memeriksakan diri ke dokter ataupun konselor.

"Peran lembaga swadaya masyarakat dan dinas-dinas terkait juga penting," kata Kesfi.

Agar masyarakat bisa melakukan tindakan preventif sejak dini. Terutama bagi mereka yang suka berganti-ganti pasangan atau 'jajan ke lokalisasi panti non rehabilitasi.

Sumber: TribunNews.Com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4623