http://suaramerdeka.com
">


Enam Warga Blora Positif Terjangkit HIV-AIDS
Tanggal: Thursday, 25 August 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 24 Agustus 2011

Blora, Enam warga Blora dinyatakan positif mengidap penyakit HIV-AIDS. Itu didasarkan hasil Serro Survey yang digelar Juni di dua kelompok masyarakat yang dianggap retan tertular HIV-AIDS, yakni pekerja seks komersial (PSK) dan warga binaan di rumah tahanan negara (rutan).

''Hasil Serro Survey sudah kami terima dari Semarang. Di laporan itu disebutkan enam sampel darah positif HIV-AIDS,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit Menular, Lilik Hernanto, Rabu (24/8).

Dalam Serro Survey Juni lalu petugas mengambil sebanyak 188 sampel darah dari para PSK dan warga binaan atau narapidana di Rutan Blora. Para PSK yang diambil sampel darahnya adalah mereka yang mangkal di kawasan kampung baru Jepon, Nglebok dan Sumberarum Kecamatan Cepu.

Sampel darah yang diambil petugas tersebut selanjutnya diperiksa di salah laboratorium di Semarang. Hanya dalam Serro Survey tersebut tidak diketahui identitas pemilik sampel. Sebab dalam Serro Survey hanya untuk mengetahui perkembangan HIV-AIDS di satu daerah.

Sehingga tidak bisa dipastikan apakah warga yang terjangkit HIV-AIDS itu warga yang berKTP Blora atau hanya pendatang. Sebab para PSK maupun narapidana rutan sebagian bukan warga yang berKTP Blora. Apalagi mobilitas para PSK di kampung baru, Nglebok maupun Sumberarum Cepu cukup tinggi.

Mereka kerap berpindah-pindah operasi dari satu daerah ke daerah lain misalnya ke Tuban, Bojonegoro Jatim maupun sejumlah wilayah di Jateng. Beberapa pekan kemudian mereka kembali ke Blora.

Menurut Lilik selain HIV-AIDS, hasil Serro Survey juga menyebutkan adalah tujuh sampel darah yang positif pemiliknya mengidap penyakit Sipilis.

( Abdul Muiz / CN34 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4633