http://suaramerdeka.com
">


14 Warga Blora Positif Terinfeksi HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 26 August 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 26 Agustus 2011

Blora: Penyakit HIV/AIDS di Blora benar-benar harus diwaspadai. Tahun ini saja hingga Agustus, warga yang positif terkena penyakit yang belum ada obatnya itu mencapai sebanyak 14 orang, bahkan empat orang diantaranya telah meninggal dunia.

Para penderita HIV/AIDS itu diketahui setelah mereka secara sukarela memeriksakan diri di Voluntary Clinik Test (VCT) yang berada di rumah sakit DR R. Soetijono Blora. Bisa jadi ke-14 orang itu bukan termasuk penderita HIV/AIDS yang diketemukan dalam kegiatan Serro Survey yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Blora.

Tahun ini, di Serro Survey yang bertujuan mengetahui jumlah dan penyebaran penyakit HIV/AIDS di Blora didapati sebanyak enam orang positif HIV, sedangkan tahun lalu 11 orang terkena HIV/AIDS.

"Ini patut menjadi perhatian serius bagi kita semua," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP) Dinkes Blora, Lilik Hernanto, Jumat (26/8).

Warga yang terinfeksi HIV/AIDS dari hasil pemeriksaan di VCT diketahui jelas identitasnya. Namun identitas dan keberadaan mereka tidak boleh dipublikasikan. Tahun lalu dari 214 warga yang memeriksakan diri ke VCT, 12 orang di antaranya positif HIV/AIDS.

Sementara hingga Agustus 2011, warga yang secara sukarela datang ke VCT untuk memeriksakan diri sebanyak 28 orang. 14 di antaranya dinyatakan positif HIV/AIDS, namun empat orang penderitanya telah meninggal dunia.

( Abdul Muiz / CN26 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4648