Nomor Penjara Mandela Jadi Label Fashion
Tanggal: Friday, 26 August 2011
Topik: Narkoba


VIVAnews, 26 Agustus 2011

Nomor penjara mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, memang sangat terkenal. Bahkan, oleh Beyonce Knowles, nomor "46664", diubah menjadi nyanyian seru saat ia tampil di acara konser Nelson Mandela Foundation 2003 dan disambut meriah oleh para undangan.

Kali ini, Nelson Mandela Foundation menciptakan label busana dengan nomor sel penjara tersebut. Hal ini sebagai penghormatan terhadap Mandela yang dianggap pahlawan antiapartheid atau antidiskriminasi rasial.

Koleksi busana yang diproduksi oleh perusahaan asal Afrika Selatan, Seardel, antara lain kaus pria, jins termasuk busana perempuan dengan berbagai warna.

Semua koleksi dijual pertama kali di Johannesburg dan terdapat simbol antiapartheid "Hand of Africa" di tiap itemnya. Koleksi juga dijual di beberapa negara di Afrika seperti Botswana dan Namibia. Rencananya, produk juga akan dijual di Eropa dan Afrika.

Hasil penjualan produk-produk fashion tersebut, nantinya sebesar tujuh hingga sembilan persen akan digunakan oleh Nelson Mandela Foundation, untuk memerangi penyebaran HIV dan AIDS.

"Saat membeli kaus 46664, bukan hanya membeli sebuah busana. Tetapi juga membantu kesinambungan program dari 46664," kata Achmat Dangorm, salah satu anggota dari Nelson Mandela Foundation, seperti dikutip dari Relaxnews.com.

Nelson Mandela diberikan nomor 46664 saat ia di penjara di Pulau Robben, Afrika Selatan pada 1964. Ia menghabiskan waktu selama 18 tahun di penjara dan baru dibebaskan pada 1982. (art)

Sumber: http://kosmo.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4651