http://suaramerdeka.com
">


Jumlah Penderita HIV-AIDS di Blora Kian Parah
Tanggal: Tuesday, 06 September 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 27 Agustus 2011

Blora, Perkembangan penyakit HIV-AIDS di Blora dinilai sudah cukup parah. Setiap tahun ditemukan penderita baru. Tak hanya satu dua orang, melainkan hingga beberapa orang.

Tahun ini saja hingga Agustus, terdapat 14 orang penderita baru. Sedangkan tahun lalu diketemukan 12 orang positif HIV AIDS. ''14 orang itu adalah penderita baru,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP) Dinkes Blora, Lilik Hernanto, Sabtu (27/8).

Para penderita HIV-AIDS tersebut ditemukan setelah memeriksakan diri di Voluntary Clinik Test (VCT) yang berada di rumah sakit DR R. Soetijono Blora. Identitas warga yang diperiksa tersebut diketahui dengan jelas. ''Dari situ kami bisa mengatakan ke-14 orang itu penderita baru bukan termasuk yang 12 orang yang ditemukan tahun lalu,'' katanya.

Lilik menyatakan, Dinkes tidak bisa memantau satu persatu pergerakan para penderita HIV-AIDS termasuk aktifitas apa saja yang mereka lakukan. Bisa jadi aktifitas yang dikerjakan para penderita berpotensi menularkan penyakit HIV-AIDS seperti berhubungan badan dengan orang lain tanpa pengaman kondom.

Jika itu terjadi, apalagi jika penderita HIV-AIDS adalah pekerja seks komersial, maka dimungkinkan penyakitnya bakal menular ke orang lain. ''Kami hanya bisa memberikan penjelasan dan imbauan kepada mereka untuk menggunakan kondom jika berhubungan kelamin. Tapi itu tidak bisa kami paksakan,'' tandas Lilik.

( Abdul Muiz / CN27 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4657