http://techno.okezone.com
">


Pertumbuhan HIV di AfSel Menurun
Tanggal: Tuesday, 06 September 2011
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 27 Agustus 2011

JOHANESBURG - Sebuah kabar baik datang dari Afrika Selatan (Afsel) mengenai penurunan jumlah penderita HIV. Tidak hanya itu, jumlah kematian akibat AIDS akhirnya juga mulai menurun.

Jumlah orang yang teridentifikasi HIV di Afsel memang lebih banyak dibanding negara manapun di dunia. PBB mencatat dalam laporan global mengenai HIV yang dirilis akhir 2010 yaitu sebanyak 5,6 juta penduduk Afsel terinveksi HIV.

Namun kini Afsel mampu menekan jumlah penderita HIV AIDS menjadi 5,4 juta orang. Walaupun penurunannya hanya sedikit, tapi upaya pemerintah Afrika Selatan untuk memerangi penyakit mematikan tersebut tergolong cukup berhasil.

"Afsel berkonsentrasi untuk memerangi angka pertumbuhan HIV, dengan menginvestasikan semua sumber daya yang dimilikinya," kata Kgalema Motlanthe, Wakil Presiden Afsel dalam sebuah pernyataan resminya.

"Jumlah kematian akibat HIV juga mulai menunjukkan penurunan karena pengobatan anti-retroviral(ARV) yang diberikan secara intensif," tambahnya, seperti dikutip Yahoo News, Sabtu (27/8/2011).

Motlanthe juga menyatakan bahwa statistik tingkat infeksi HIV di Afseln hanya 10,6 persen dari keseluruhan penduduk yang mencapai 50 juta orang. Sementara 16,6 persen dari tingkat infeksi HIV tersebut adalah mereka yang berusia 15 hingga 29 tahun.

Wanita hamil memiliki persentase yang lebih besar yaitu sekira 30 persen. Namun, Motlanthe menegaskan bahwa penularan infeksi HIV dari ibu hamil kepada bayi mereka menurun dari 10 persen menjadi 3,5 persen sejak tiga tahun terakhir.

Wakil Presiden AfSel ini juga menyatakan bahwa pemerintah terus berjuang untuk mengurangi jumlah infeksi baru.

"Tingkat infeksi baru terus melebihi upaya pencegahan yang kami lakukan. Oleh karena itu, program pencegahan akan terus diprioritaskan dalam rencana strategis nasional baru yang sedang dikembangkan untuk jangka panjang, yaitu mulai tahun 2012 hingga 2016," tutupnya. (tyo)

Sumber: http://techno.okezone.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4658