http://www.balipost.co.id
">


Pelayanan Puskesmas Belum Maksimal SDM Perlu Ditingkatkan
Tanggal: Tuesday, 06 September 2011
Topik: Narkoba


Bali Post, 29 Agustus 2011

Denpasar - Fasilitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Bali sudah memadai, namun yang perlu ditingkatkan adalah sumber daya manusianya. "Fasilitas puskesmas sudah terbilang memadai, tetapi yang perlu ditingkatkan adalah SDM, baik paramedis maupun dokter," kata mantan Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Sukardika, Sabtu (27/8).

Pada acara sarasehan tiga tahun kepemimpinan Gubernur Bali Mangku Pastika dan Wagub A.A. Puspayoga itu, ia menyoroti pelayanan di puskesmas belum maksimal. "Memang ada pelayanan rawat inap di beberapa puskesmas di Bali, namun dari segi pelayanan saat ini belum maksimal. Karena itu, saya mengharapkan ke depannya agar lebih baik," katanya.

Ia mengatakan, saat ini warga menyebut kata-kata puskesmas dipelesetkan yaitu hanya untuk berobat pusing, keseleo dan masuk angin. Untuk mengubah citra tersebut, Pemprov Bali diharapkan untuk mengkaji lebih lanjut dan memberi fasilitas lebih memadai.

Selain menyoroti keberadaan puskesmas, Prof. Sukardika juga mengatakan, kasus HIV/AIDS di Bali terus meningkat. Bahkan dari data Kementerian Kesehatan, Provinsi Bali pada peringkat kelima di Indonesia. "Dengan kasus ini sudah tentu Bali sangat rawan penyebaran HIV/AIDS semakin meluas di kalangan generasi muda. Jika hal ini tidak serius ditangani, tak menutup kemungkinan akan terjadi lost generation di Pulau Dewata," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bali, jumlah kasus HIV/AIDS di Bali saat ini mencapai 3.778 kasus. Sedangkan berdasarkan data Dinas Kesehatan Bali jumlah kasus HIV/AIDS di Bali pada saat ini diperkirakan mencapai 7.000 kasus. (kmb)

Sumber: http://www.balipost.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4661