http://www.mediaindonesia.com
">


77 Warga Kediri Meninggal Akibat HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 06 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 02 September 2011

KEDIRI: Hingga Agustus 2011, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tercetat mencapai 277 orang. 71 diantaranya sudah meninggal dunia.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular Langsung (P2ML) Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Nur Munawaroh, Jumat (2/9) mengemukakan temuan kasus itu dimulai sejak 2006. "Ini hanya kasus yang ditemukan. HIV/AIDS ini seperti fenomena gunung es, dimana yang belum ditemukan kemungkinan masih banyak lagi," katanya.

Ia menyebut, dari 277 pengidap HIV/AIDS, 33 persen diantaranya adalah laki-laki, sementara sisanya, 67 persen adalah perempuan. Untuk Agustus 2011 saja ditemukan tujuh penderita yang satu di antaranya adalah laki-laki, sementara sisanya perempuan.

"Kalau untuk temuan selama bulan ini, secara profesi empat di antaranya adalah ibu rumah tangga, dua lainnya buruh kasar, dan sisanya adalah WTS (wanita tuna susila)," katanya.

Nur menyebutkan, memang hingga kini temuan kasus HIV/AIDS paling banyak di kalangan WTS. Kelompok ini mempunyai risiko tinggi untuk terinfeksi virus yang menggerogoti tubuh itu.

Namun, kata dia, kelompok risiko tinggi lainnya, seperti pelanggan WTS, ibu rumah tangga, transgender seperti gay, juga mempunyai potensi tertular jika berhubungan dengan WTS yang sudah terinfeksi sebelumnya. Pihaknya hingga kini terus berupaya dan berkoordinasi dengan mitra, seperti dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk mendampingi kelompok risiko tinggi, khususnya WTS.

"Kami terus melakukan pembinaan, seperti di lokalisasi. Berbagai cara untuk mencegah penularan, seperti pemberian kondom juga aktif kami lakukan. Kami distribusikan di tempat-tempat itu," katanya.

Pihaknya mengakui, memang sulit untuk mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS itu. Sebab, tidak semua korban, baik pelanggan WTS, maupun ibu rumah tangga mengetahui jika dirinya terkena virus yang hingga kini belum ditemukan obatnya itu. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4666