Di Inggris, Gay Boleh Donor Darah Asal ...
Tanggal: Monday, 12 September 2011
Topik: Narkoba


VIVAnews, 09 September 2011

Kementerian Kesehatan Inggris akhirnya sepakat memperbolehkan pria homoseksual mendonorkan darahnya. Syaratnya, mereka tidak melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis selama satu tahun.

Larangan mendonorkan darah seumur hidup bagi pasangan sesama jenis berlaku di Inggris sejak 1980. Aturan itu muncul sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran penyakit menular seksual melalui darah, seperti, AIDS, HIV, dan hepatitis B.

Seiring perkembangan penelitian terkini mengenai penyebaran penyakit itu, Komite Penasehat Keamanan Darah, Jaringan dan Organ (Sabto) meninjau kembali larangan itu. Hasilnya, mereka merekomendasikan pencabutan aturan itu dengan syarat.

"Pria yang melakukan hubungan seksual sesama jenis tanpa atau dengan kondom kurang dari 12 bulan, masih belum diperkenankan mendonorkan darahnya," demikian menurut Kementerian Kesehatan Inggris yang resmi memberlakukan aturan baru tersebut mulai 7 November mendatang.

Larangan memberikan donor darah seumur hidup tetap berlaku untuk penderita sifilis, HTVL (Human T-lymphotropic virus), hepatitis B atau C, dan mereka yang pernah bekerja sebagai pekerja seks komersial.

"Donor darah adalah kehidupan, banyak dari kita tak bisa menyaksikan orang-orang yang kita cintai hidup tanpa pertolongan orang lain," kata Menteri Kesehatan Masyarakat, Anne Milton.

"Namun, pengecekan yang tepat berdasar uji ilmiah ketat harus terus dilakukan dan dipastikan untuk menjaga keamanan. Sangat penting bagi orang-orang untuk memenuhi kriteria seleksi pedonor."

Sementara itu, sejumlah kelompok peduli hak asasi manusia tetap menganggap aturan baru itu diskriminatif. Sebab, tidak semua pria homoseksual berperilaku tidak aman.

"Meskipun kebijakan baru merupakan kemajuan besar pada aturan yang ada tapi tak mengurangi diskriminatif, larangan berhubungan seks 12 bulan masih berlebihan," kata seorang aktivis senior, Peter Tatchell, seperti dikutip dari Telegraph.

Sumber: http://kosmo.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4686