http://regional.kompas.com
">


Delapan Ibu Hamil Positif HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 12 September 2011
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 12 September 2011

MERAUKE — Sebanyak 14 orang dinyatakan positif terinfeksi HIV/AIDS selama bulan Agustus 2011 di Merauke, Papua. Dari jumlah itu, empat di antaranya merupakan ibu hamil.

Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Merauke Heni Astuti Suparman, di Merauke, menuturkan, dari sekitar 240 orang yang diperiksa selama Agustus, ditemukan pengidap baru HIV/AIDS sebanyak 14 orang. ”Yang memprihatinkan, dari temuan itu 4 orang yang positif adalah ibu hamil,” ungkapnya.

Dari temuan itu, 6 orang adalah pria berisiko tinggi, 1 orang pramuria, dan sisanya lain-lain. Heni menuturkan, sejak Desember 2010 berarti tercatat sudah ada delapan orang ibu hamil yang dinyatakan positif HIV/AIDS. Kondisi itu, ujarnya, sangat mengkhawatirkan karena kasus HIV/AIDS di Merauke telah semakin meluas di kelompok ibu rumah tangga dengan jumlah pengidap 169 orang.

Kondisi kesehatan suami yang istrinya dinyatakan positif belum diketahui sehingga akan dilakukan pemeriksaan. ”Ada yang sudah diperiksa dan justru negatif, kami akan periksa lagi untuk memastikan,” katanya.

Dengan banyaknya ibu rumah tangga yang tertular, penyebaran HIV/AIDS kini tidak hanya mengancam kalangan berisiko tinggi.

Sumber: http://regional.kompas.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4692