http://www.mediaindonesia.com
">


mChip Deteksi Infeksi HIV Lebih Akurat
Tanggal: Tuesday, 13 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 12 September 2011

SEBUAH alat tes darah portable telah ditemukan. Alat ini yang terbilang murah ini telah terbukti memiliki akurasi sekelas analisis rumah sakit dalam mendeteksi HIV, sifilis dan penyakit menular lainnya.

Para peneliti telah menguji prototipe alat berupa cip seukuran kartu kredit ini terhadap ratusan pasien di Rwanda. Dilaporkan, akurasi cip ini mencapai 100 persen.

Alat yang dinamai 'mChip' ini bisa mengatasi tiga hambatan dalam pengobatan terutama di negara miskin yakni akses sulit, biaya tinggi, dan hasil yang lama.

"Kami tadinya berharap bisa menciptakan sebuah tes diagnostik yang bisa diakses pasien dengan mudah daripada harus pergi ke klinik untuk mengambil tes darah dan menunggu hasilnya selama berhari-hari," kata Samuel Sia, seorang profesor di Columbia University.

Dengan biaya produksi diperkirakan hanya US$1 per unit, mChip akan jauh lebih murah daripada harus menjalani tes laboratorium. Karena dapat memindai protein, yang masing-masing bisa merespons setiap penyakit pada satu sampel darah tunggal, ini terbilang lebih murah dan lebih akurat. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine edisi Juli 2011. (Pri/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4702