http://www.balipost.co.id
">


Terjangkit HIV/AIDS Dua Warga Badung Meninggal
Tanggal: Tuesday, 13 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 13 September 2011

PENYAKIT HIV/AIDS kembali merenggut korban. Kali ini korbannya adalah dua warga asal Badung masing-masing berumur 26 tahun dan 33 tahun. Berdasarkan informasi, korban pertama yang berusia 26 tahun masuk RS Sanglah sejak Rabu (7/9) dan meninggal Minggu (11/9), sementara untuk korban yang berusia 33 tahun masuk RS Sanglah sejak Kamis (25/8) dan meninggal Senin (12/9) kemarin. Kedua jenazah sudah dibawa pulang oleh keluarganya.

Penderita HIV biasanya mendapatkan perawatan di RS jika sudah masuk dalam tahap AIDS. Artinya, sel pertahanan tubuhnya atau CD4-nya di bawah rata-rata orang normal sehingga sangat rentan akan serangan virus. Untuk mencapai tahap AIDS, biasanya memakan waktu sekitar 5-10 tahun sejak terinfeksi.

Kasi Yanmed Rawat Khusus RS Sanglah dr. I.A. Miswarihati mengatakan orang yang sudah dalam tahap AIDS rentan terhadap serangan virus misalnya virus flu. Jika menyerang penderita AIDS, virus flu bisa berakibat fatal bagi penderita, karena sel pertahanan tubuh yang rendah membuat serangan virus flu menjadi ganas dan bisa menjadi TBC.

Untuk itu, jika terdeteksi sejak dini, penderita HIV biasanya akan menjalani terapi ARV (Anti Retro Viral). Persyaratan menjalani terapi ARV jika CD4-nya di bawah 250. ''Terapi ARV membantu untuk menekan jumlah virus HIV di dalam tubuh penderita,'' ujar Dayu Mis. Penderita HIV yang menjalani terapi ARV secara teratur bisa beraktivitas dengan normal. Bahkan ada penderita HIV yang hidup normal selama 10 tahun lebih karena menjalani terapi ARV sejak awal. (san)

Sumber: http://www.balipost.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4705