http://www.jpnn.com
">


Penderita AIDS di Muna Kian Meningkat
Tanggal: Thursday, 15 September 2011
Topik: Narkoba


JPNN.com, 15 September 2011

RAHA - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara kian meningkat. Data terakhir di Dinas Kesehatan, jumlah penderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu sebanyak 14 orang. Mayoritas penderita AIDS merupakan warga Muna perantau.

Menurut Kadis dr La Ode Munandar Hibi, penderita HIV didominasi oleh pria usia produktif. Penyakit tersebut didapat dari asal daerah mereka merantau, diantaranya Papua, Batam, Jakarta hingga Malaysia. Pengganti dr LM Baharuddin itu, berkeyakinan bahwa jumlah pengidap virus HIV lebih banyak daripada yang tercatat. "Penderita HIV biasanya malu untuk melaporkan keadaannya," timpalnya.

Penyebab utama penularan virus HIV, terang Munandar, melalui hubungan seksual dari penderita HIV. Kemudian ditularkan kepada istri bahkan ke anak-anaknya. Untuk mencegah penularan HIV, pihaknya melakukan koordinasi lintas sektoral khususnya instansi yang menangani tenaga kerja. Untuk penularan lewat medis, Instansinya melakukan pelatihan kepada tenaga medis. "Virus HIV juga bisa ditularkan melalui jarum suntik, " sebutnya.

Di masyarakat, penyuluhan dan sosialisasi gaya hidup dilakukan. Untuk di Kota Raha, dipusatkan di Puskesmas Katobu sebagai media center HIV. "Kita juga melakukan sosialisasi dan pemeriksaan di tempat hiburan malam secara rutin," tutupnya. (awn/awa/jpnn)

Sumber: http://www.jpnn.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4724