http://www.pikiran-rakyat.com
">


Dinas Kesehatan Korpaskhas Periksa HIV-AIDS
Tanggal: Friday, 16 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Pikiran Rakyat, 15 September 2011

SOREANG - Dinas Kesehatan Markas Komando Korpaskhas, melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi prajurit paskhas dan PNS dalam program pembinaan personel Korpaskhas, khususnya dalam penularan penyakit HIV-AIDS dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Korpaskhas Letkol Kes dr. P. Aribowo, kegiatan yang rutin dilakukan dua kali dalam setahun ini dilaksanakan pada tingkat Mako Korpaskhas dan di seluruh satuan jajaran Korpaskhas. "Dengan pemeriksaan secara rutin diharapkan dapat mencegah prajurit yang akan berbuat tindakan diluar hukum maupun aturan yang berlaku," kata Aribowo, Kamis (15/9).

Pemeriksaan HIV-AIDS yang menggunakan metode rapid test, sedangkan tes narkoba meliputi pemeriksaan obat-obatan golongan amphetamine, opioid dan kanabis. "Apabila dari hasil pemeriksaan ini terdapat anggota prajurit yang terbukti dalam menggunakan obat-obatan terlarang baik itu perwira, bintara dan tamtama serta pegawai negeri sipil akan ditindak tegas sampai dengan proses pemecatan," kata Komandan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Amarullah.

Menurut Amarullah, pimpinan TNI sangat serius penyelesaian apabila ada anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan obat-obat terlarang dan HIV/AIDS terbukti pembagian selebaran dan poster-poster terus dilakukan. "Tidak sedikit anggota prajurit yang terlibat diproses sampai dengan pemecatan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan efek jera bagi anggota prajurit yang lainnya," katanya.(A-71/A-147)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4727