http://www.republika.co.id
">


Prajurit TNI Jalani Pemeriksaan HIV/AIDS di Lebanon
Tanggal: Friday, 16 September 2011
Topik: HIV/AIDS


REPUBLIKA.CO.ID, 16 September 2011

SURABAYA - Sebanyak 153 prajurit TNI yang menjadi anggota Satgas Yonmek Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL atau Indonesian Battalion (INDOBATT) mengikuti penyuluhan, konseling, dan pemeriksaan HIV/AIDS di Markas Batalyon UN Position 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan.

Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa, kepada Antara melalui surat elektronik dari Lebanon, Jumat (16/9), melaporkan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS itu dilakukan Tim Kesehatan INDOBATT yang bekerja sama dengan Unit HIV/AIDS Training UNIFIL Head Quarter Naqoura. "Kegiatan yang digagas Lettu CKM dr Paulus Dimu, Lettu Kes dr Bhayu Rizallinoor, dan Lettu CKM dr Aziz Mubarraq itu berlangsung selama dua hari pada 13 dan 14 September 2011 dengan dipandu oleh konselor HIV/AIDS dr Basundhara Barati dari India," katanya.

Acara konseling dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa diskusi tentang seputar masalah HIV-AIDS, yaitu tentang definisi, cara penularan, pencegahan dan pengobatan serta bagaimana kebijakan PBB terhadap masalah HIV/AIDS. Sesi kedua berupa pemeriksaan darah cepat untuk virus HIV bagi para peserta konseling.

Menurut dr Basundhara Barati selaku pembicara, tugas sebagai "peacekeepers" (penjaga perdamaian) pada dasarnya memiliki tingkat kerawanan untuk terjangkit penyakit ini. Hal ini bisa disebabkan penugasan yang jauh dari keluarga. Apalagi, rata-rata usia mereka merupakan usia reproduktif dan memiliki kerawanan untuk terjadinya transaksi seksual, terutama pada korban konflik yang membutuhkan uang atau makanan untuk bertahan hidup.

"Kita yang ditugaskan di sini, di daerah pascakonflik, kita harus sepenuhnya menyadari masalah ini," katanya.

Sumber: http://www.republika.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4730