KPA Siapkan 200 Gerai Kondom untuk SEAG
Tanggal: Monday, 19 September 2011
Topik: Narkoba


Gatra, 16 September 2011

Palembang - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Palembang akan menyiapkan 200 gerai (outlet) kondom selama diselenggarakan SEA Games (SEAG) XXVI, untuk digunakan para tamu.

"Kami akan menyiapkan outlet kondom di hotel dan tempat hiburan malam, guna memudahkan pengunjung memperoleh benda pelindung saat berhubungan seks tersebut," kata Sekretaris KPA setempat Zailani UD, di Palembang, Kamis (15/9).

Menurutnya, selama SEAG, 11-22 November 2011, diperkirakan transaksi seks akan terjadi, mengingat banyak pengunjung yang datang dari berbagai negara ke kota ini. Penyediaan gerai tersebut, kata Zailani, untuk mengantisipasi penyebaran Human Immuno Virus (HIV), dan penyakit menular seksual berbahaya bagi para pekerja seks komersial (PKS) yang beroperasi di Palembang serta para pelanggannya.

Ia mengatakan, tidak bisa dipungkiri setiap ada kegiatan internasional, bisnis seks salah satu yang paling ramai dilakukan, mengingat pengunjung sebagian besar memang berasal dari negara yang berperilaku cenderung bebas.

"Karena itu, pihaknya berharap penyediaan alat pengaman saat berhubungan seks itu dapat menjadi solusi untuk mengurangi risiko penyebaran virus HIV, dan penyakit menular seksual berbahaya bagi PSK dan penggunanya," ujar dia.

Ia menjelaskan, pendistribusian kondom pada 200 lokasi tersebut diharapkan bisa digunakan oleh tamu yang melakukan transaksi seks dimaksud.

Penyediaan kondom juga, kata dia, menjadi tradisi yang dilakukan negara mana pun setiap kali menjadi tuan rumah perhelatan besar, seperti SEAG.

Secara rutin KPA Palembang juga melakukan sosialisasi kepada para PSK untuk selalu menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pelanggan mereka.

Secara rutin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat, pihaknya juga melakukan penyuluhan agar para PSK secara rutin dapat memeriksakan diri ke klinik Sukarela Konseling dan Pengujian (Voluntary Counseling and Testing/VCT), antara lain untuk melakukan tes virus HIV yang dilakukan secara sukarela, ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Palembang, Gema Asiani mengatakan pemkot setempat kerja sama dengan lembaga asing telah menyediakan klinik khusus untuk melayani pemeriksaan HIV/AIDS bagi penduduk yang berisiko tinggi tertulari HIV/AIDS.

Puskesmas Sukarami, Merdeka, dan 23 Ilir selama ini telah melayani pemeriksaan HIV/AIDS di klinik VCT yang ada di sana, kata dia lagi.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan SEAG XXVI, 11-22 November 2011, dengan pelaksanaan pertandingan selain di Palembang juga di DKI Jakarta. [TMA, Ant]

Sumber: http://www.gatra.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4735