Ribuan Kondom untuk SEA Games Disiapkan
Tanggal: Monday, 19 September 2011
Topik: Narkoba


TEMPO Interaktif, 18 September 2011

Palembang - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Palembang memperkirakan transaksi seksual di luar ikatan pernikahan bakal mengalami peningkatan saat berlangsung SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, 11-22 November 2011.

Bersamaan dengan hadirnya para peserta SEA Games yang jumlahnya mencapai ribuan orang, baik pemain maupun ofisial, dipastikan membuat bertambah dan "panen" pekerja seks komersial (PSK). Guna mengantisipasi pertambahan jumlah pendertita HIV/AIDS, KPA Palembang akan menyebar ribuan alat kontrasepsi jenis kondom di masing-masing hotel atau penginapan tempat bermalamnya para pendamping atlet.

“Kami tidak ingin pengidap HIV/AIDS bertambah usai SEA Games,” kata Sekretaris KPA Palembang Zailani U.D., Minggu, 18 September 2011. Menurut Zailani, pendistribusian kondom ke sejumlah hotel dan penginapan akan dimulai pada awal November ketika tamu asing mulai berdatangan. Ribuan kondom tersebut, kata dia, akan ditempatkan di 138 unit gerai.

Jumlah kondom dan gerainya, dia menambahkan, kemungkin bisa bertambah sesuai dengan persediaan dan permintaan pengelola hotel dan penginapan. “Satu outlet minimal kita siapkan satu gros kondom,” ujar Zailani.

KPA juga akan menyiapkan tenaga penyuluh yang bertugas memberikan penerangan kepada tamu hotel untuk melakukan hubungan seksual secara aman. Langkah ini dilakukan karena pihaknya tidak mempunyai kewengan untuk melarang orang melakukan hubungan seks, meski bukan dengan pasangan resmi.

Gerai kondom tidak disediakan di perkampungan atau wisma atlet di Jakabaring. Alasannya, para atlet bukan termasuk orang yang dinilai bakal melakukan aktivitas seksual pada pekerja seks komersial. Selain itu, wisma akan dijaga ketat dari kegiatan yang dapat merusak norma agama dan sosial itu.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan SEA Games. Tidak kurang dari 4.000 kamar hotel, penginapan, dan homestay disiapkan panitia untuk menampung para atlet dan ofisial dari 11 negara peserta.

Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan, Tri Tjahjadi, memastikan pihaknya akan membantu sepenuhnya rencana KPA dalam pendistribusian kondom. BKKBN juga akan turut menyediakan kondom bila diperlukan.

Menurut Tri, pihaknya akan mendukung sepenuhnya SEA Games tanpa meninggalkan persoalan baru berupa penambahan jumlah pengidap HIV/AIDS.

PARLIZA HENDRAWAN

Sumber: http://www.tempointeraktif.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4742