http://suaramerdeka.com
">


Kasus HIV/AIDS Didominasi Hubungan Seksual
Tanggal: Thursday, 22 September 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 19 September 2011

Semarang: Peringatan serius bagi Kota Semarang. Kasus HIV/AIDS yang terjadi selama lima tahun menunjukkan potensi peningkatan.

Kabid Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Semarang dokter Widoyono mengemukakan, kasus yang terjadi itu merupakan angka yang tertinggi se-Jateng.

Meski sampai September 2011 belum ada laporan yang masuk, setidaknya sampai Juni sudah terdapat 235 kasus HIV dan 32 kasus positif AIDS. "Sampai Juni saja angka kasus cukup tinggi. Untuk 2010 saja tercatat ada 287 kasus HIV dan 61 kasus AIDS dengan lima kasus di antaranya meninggal dunia. Ini kasus peringatan bagi warga Kota Semarang," tandasnya, Senin (19/9).

Dari kasus-kasus yang muncul di Kota Semarang, ternyata tertular lewat hubungan seksual. Bagi Widoyono, temuan tersebut beda kasus dengan Jakarta yang lebih banyak karena tertular lewat jarum suntik. "Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan dari 2007 sampai 2010," ungkapnya.

Patut juga menjadi perhatian serius, kelompok umur yang tertular virus mematikan itu adalah usia 31 sampai 40 tahun dan 21 sampai 30 tahun. Bahkan pula untuk ibu rumah tangga pun ada yang berisiko cukup tinggi untuk kasus tersebut.

"Bagi ibu rumah tangga saja yang terkena HIV di 2011 ada 11 orang. Sedangkan 10 orang merupakan wiraswasta dan tiga orang tidak diketahui profesinya," lanjut Widoyono.

( Dicky Priyanto /CN31 )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4748