http://www.republika.co.id
">


Para Peneliti Berhasil Temukan Cara Cegah HIV
Tanggal: Thursday, 22 September 2011
Topik: HIV/AIDS


REPUBLIKA.CO.ID, 20 September 2011

LONDON - Para ilmuwan telah menemukan cara untuk mencegah HIV sehingga tidak dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Mereka juga mengatakan telah menemukan sebuah pendekatan baru untuk mengembangkan vaksin melawan AIDS.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa tersebut menemukan HIV tidak dapat merusak sistem kekebalan tubuh jika kolesterol dihapus dari membran virus.

Pemimpin penelitian dari Imerial College London, Adriano Boasso, mengatakan penemuan tersebut telah membuat virus seperti tentara yang sudah kehilangan senjata, tetapi masih memiliki bendera sehingga pasukan lain masih dapat mengenali dan menyerang.

Tim penelitian tersebut kini sedang berencana untuk menyelidiki bagaimana caranya menonaktifkan virus dan mengembangkan sebuah vaksisn yang dapat mematikan virus.

AIDS membunuh sekitar 1,8 juta orang setahun di seluruh dunia. Diperkirakan 2,6 juta orang tertular HIV tahun 2009, dan 33,3 juta orang hidup dengan virus tersebut.

Para ilmuwan di seluruh dunia telah mencoba selama bertahun-tahun untuk membuat vaksin terhadap HIV namun sejauh ini keberhasilannya belum sepenuhnya sempurna.

Sumber: http://www.republika.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4757