http://padangekspres.co.id
">


Pasien Konseling dari Luar Sumbar
Tanggal: Thursday, 22 September 2011
Topik: Narkoba


Padang Ekspres, 20 September 2011

Sejak dinobatkan jadi dokter teladan dalam kategori sang teladan Decolgen serta hadir dalam acara Kick Andy, dr Salvi Riani, kebanjiran pasien yang ingin sembuh dari jeratan lingkaran setan (narkoba). Mereka kebanyakan berdatangan dari luar Sumbar.

”Sejak menjadi sang teladan karena gencarnya memerangi narkoba di tengah-tengah masyarakat, sekarang banyak yang datang ke Puskesmas Biaro untuk berobat dan konsultasi kesembuhan dari kecanduan narkoba,” kata Salvi Riani Minggu (18/9).

Dia menambahkan, setiap harinya pasien narkoba yang datang ke Puskesmas Biaro rata-rata 2 pasien baru dan ditambah pasien lama yang melanjutkan pengobatan jalan. Itu, umumnya pasien luar Sumbar.

”Sedangkan pasien dari Bukittinggi juga banyak melebihi Agam. Padahal infornmasi yang diterima dari Satnarkoba Bukittinggi, Agam merupakan peredaran barang haram tersebut, tapi disayangkan mereka yang terjerat narkoba masih belum mau melakukan konseling ke Puskesmas Biaro,” kata Salvi.

Salvi mengharapkan generasi muda yang terjerat lingkaran setan (narkoba) terutamanya di Bukittinggi dan Kabupaten Agam datang ke Puskesmas Biaro untuk pengobatan dan konseling. “Nggak usah malu demi kebaikan,” ulasnya seraya menyebutkan hingga Agustus ini sudah 33 pasien yang melakukan rehabilitasi jalan.

Dr Salvi dalam penyembuhan narkoba ini, dengan melakukan pendekatan dan penyuluhan kepada warga, sehingga para korban narkoba tidak segan dan takut untuk mendapatkan pengobatan dan rehabilitasi. Salvi juga melakukan pendekatan ke pihak kepolisian, sehingga pasien pecandu narkoba tidak mempunyai rasa takut akan ditahan bila berkonsultasi di Puskesmas Biaro.

”Pelayanan di bidang narkoba ini tidak hanya berlangsung bagi masyarakat di Agam, tetapi juga dilakukan di Lapas IIA Bukittinggi,,” sebutnya. Salvi melihat 60-70 persen tahanan di Lapas IIA Bukittinggi mempunyai permasalahan dengan narkoba. Karena itu Salvi tergerak memberikan konsultasi rutin serta bantuan pengobatan bagi narapidana yang menderita HIV/ AIDS. (mg7)

Sumber: http://padangekspres.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4760