http://kelanakota.suarasurabaya.net
">


Setiap SKPD Harus Susun Anggaran Responsif Gender
Tanggal: Thursday, 22 September 2011
Topik: Narkoba


suarasurabaya.net, 21 September 2011

Penyusunan anggaran tahun 2012 di kabupaten/kota Jatim diminta responsif gender. Anggaran responsif gender didasarkan pada Peraturan Gubernur Jatim No 27 Tahun 2010 Tentang Pendoman Pelaksanaan Pengarustamaan Gender Provinsi Jatim.

Menurut Sutikno Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Jatim seperti dilaporkan Martha reporter Suara Surabaya, Rabu (21/9/2011), mengatakan dengan anggaran responsif gender diharapkan tidak ada lagi perbedaan gender selama bekerja di lingkungan Pemprov, Pemkab/Kota di Jatim.

Dari data BPPKB Pemprov Jatim tahun 2011 sudah ada 18 SKPD yang menerapkan responsif gender pada anggarannya. Diantaranya, di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Anggaran responsif gender yang diterapkan Dinas Pendidikan, diantaranya, pemberantasan buta aksara. Sedangkan yang diterapkan Dinas Kesehatan, diantaranya HIV AIDS, angka kematian ibu melahirkan dan KB pria.

Anggaran responsif gender tidak harus ada anggaran khusus, 50% perempuan dan 50% untuk laki-laki. Tapi dari seluruh anggaran SKPD, harus ada program untuk kepentingan pembangunan perempuan dan laki-laki. (mar/tin)

Sumber: http://kelanakota.suarasurabaya.net






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4768