http://jabar.tribunnews.com
">


7 Kabupaten/Kota Raih Penghargaan Penanggulangan HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 26 September 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN, 24 September 2011

BANDUNG - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada tujuh Kabupaten/ Kota di Jawa Barat yang dinilai maju dalam menanggulangi penyebaran HIV dan AIDS. Ketujuh Kota/ Kab itu masing-masing Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kab. Karawang, Kab. Sumedang, dan Kab. Indramayu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris KPA Provinsi Jawa Barat, H. Riadi, MPH dalam rangkaian kegiatan sosialisasi bahaya HIV dan AIDS melalui pentas seni tradisional dan modern yang berlangsung di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Sabtu (24/9).

Sekretaris Harian KPA Provinsi Jabar,Pantjawidi Djuharnoko, mengatakan pemberian penghargaan bagi ketujuh kota/ kab tersebut didasarkan sejumlah kriteria seperti adanya kebijakan yang mendukung penanggulangan HIV & AIDS, program yang komprehensif, ketersediaan anggaran, serta adanya struktur kelembagaan yang jelas dalam menjalankan program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.

“Pemberian penghargaan juga dilakukan sebagai bentuk apresiasi bagi kab/ kota yang kami nilai mendukung ke arah pencapaian target Millenium Development Goals atau MDGs. Meski demikian, bukan berarti kota/kab yang tidak memperoleh penghargaan saat ini dinilai jelek seluruhnya,” katanya.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang menyetujui komitmen pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, dan kualitas lingkungan.

"Salah satu indikator dari pencapaian MDGs adalah pada tahun 2015 persentase penduduk usia 15-24 tahun yang mempunyai pengetahuan yang benar dan komprehensif mengenai HIV dan AIDS ditargetkan mencapai 95%," katanya.

Dari catatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mencatat, sejak 1989 hingga Juni 2011 secara kumulatif terdapat 5.966 kasus HIV-AIDS (3.699 AIDS dan 2.267 HIV positif). Angka yang tercatat ini masih lebih rendah dari estimasi atau angka perkiraan dari Depkes RI tahun 2006 yang menunjukkan jumlah kasus HIV dan AIDS di Jabar lebih dari 19.000 orang. (tif)

Sumber: http://jabar.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4784