http://www.poskota.co.id
">


42 Narapidana di LP Tanjung Gusta Terserang HIV
Tanggal: Monday, 26 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 24 September 2011

MEDAN – Dari 2790 narapidana yang mendekam di LP Tanjung Gusta Medan, ada 80 orang kecanduan narkoba dan 42 orang terkena HIV, dan 3 positif AIDS. Hal ini dikatakan Sakti Siregar, Ketua Tim Penanganan HIV/AIDS di Tanjung Gusta.

Menurut dia, penularan virus AIDS karena mengunakan narkoba jenis jarum suntik yang bergantian pada saat para narapidana berada di luar. “Dari 42 orang itu 90 persen positif tertular penyakit AIDS ketika mereka memakai narkoba jenis suntik ketika diluar,” katanya, Sabtu (24/9).

Guna mengantisipasi dan mencegah kecanduan narkoba diantara napi, masih kata Sakti, pihak Consselor kesehatan Rutan memberikan Methadon yaitu obat pengganti narkoba. “Untuk menetralisir kecanduan narkoba para warga binaan di Tanjung Gusta, pihaknya melakukan upaya pengobatan yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RS Adam Malik Medan.

Dan pemberian narkoba pengganti ini diberikan secara gratis pada pecandu . Dan dananya dikeluarkan oleh negara dengan bantuan asing seperti Global Fun dari Swiss, HCTI dari Australia,”jelasnya. (samosir/dms)

Sumber: http://www.poskota.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4787