http://regional.kompas.com
">


HIV/AIDS Masuk ke Boven Digoel
Tanggal: Monday, 26 September 2011
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 25 September 2011

BOVEN DIGUL - Penyakit yang ditakuti banyak orang, HIV/AIDS, kini sudah menyebar ke Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, kabupaten di wilayah perbatasan dengan Papua Nuigini. Hingga September 2011, tercatat sebanyak 13 warga Boven Digoel positif mengidap HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, Viviana Maharani Pradotokoesoemo, di Boven Digul, Minggu (25/9/2011), menduga HIV/AIDS masuk ke Boven Digoel terbawa oleh para penderita yang sebelumnya tertular di Merauke.

Merauke adalah salah satu kabupaten di Papua dengan jumlah penderita HIV/AIDS tinggi. Jumlah penderita hingga bulan Maret 2011 tercatat sebanyak 1.283 orang.

"Sekarang ini kan mobilitas penduduk di Boven Digoel ini sangat tinggi. Akhirnya HIV/AIDS pun masuk juga ke Boven Digoel, kata Viviana.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Boven Digoel, Syahib, mengungkapkan pada tahun 2006 dari zero survei diketahui jumlah pengidap HIV/AIDS 4 orang. Namun, lima tahun berikutnya sudah menjadi 13 orang.

Sumber: http://regional.kompas.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4790