http://www.cenderawasihpos.com
">


Pemahaman Bahaya HIV-AIDS Perlu Terus Ditingkatkan
Tanggal: Monday, 26 September 2011
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 26 September 2011

Semester Pertama 2011 KPA Temukan 117 Kasus HIV-AIDS

SENTANI – Ketua Harian KPA Kabupaten Jayapura dr Esterlina menyampaikan bahwa pemahaman terhadap bahaya penularan HIV-AIDS perlu terus diteingkatkan di tengah masyarakat. Pasalnya, terhitung mulai Januari hingga Juni atau semester pertama tahun 2011 ditemukan sebanyak 117 kasus HIV-AIDS di Kabupaten Jayapura.

Sebuah jumlah yang ironi dan akan terus berkembang jika tak berhati-hati. Namun untuk jumlah keseluruhannya mulai 1997 hingga Juni 2011, tercatat sebanyak 726 orang terinfeksi HIV-AIDS.

Menurut Ester, penyebab utama dari tingginya angka HIV-AIDS proses penyebarannya kebanyakan melalui hubungan seks. Pihaknya sendiri terus melakukan pendekatatan dan sosialisasi tentang ancaman HIV-AIDS. “Sudah sering kami lakukan dan bisa dibilang setiap bulan pasti ada kegiatan menyangkut sosialisasi HIV-AIDS dan terakhir pekan kemarin dilakukan di Tanjung Elmo,” katanya menjawab pertanyaan Cenderawasih Pos belum lama ini.

Jika dilihat dari 117 temuan kasus baru tersebut, Ester menyampaikan bahwa masyarakat masih membutuhkan pemahaman yang baik tentang bagaimana menjaga diri agar tidak terjangkit. Sesuai data KPA Kabupaten Jayapura 90 persen menyebarannya melalui seks dan sisanya terjangkit dari ibu ke anak yang dikandung, jarum suntik maupun narkoba. “Dengan cara memberikan informasi dan pemahaman yang baik, saya pikir banyak yang akan sukarela memeriksakan diri,” jelasnya.

Lalu tentang pencegahan dengan cara menggunakan kondom sendiri, Ester melihat bahwa kondom masih menjadi sesuatu yang aneh di tengah masyarakat. Penggunaan kondom belum bisa diterima semua pihak. Namun KPA terus menyarankan untuk menggunakan kondom bukan berarti semua kalangan boleh menggunakan.

Yang ditekankan boleh memakai kondom adalah bagi mereka (pasangan) yang salah satunya diketahui terinfeksi HIV. Begitu pula bagi mereka yang tak takut berbuat dosa (Pekerja Seks Komersil). “Padahal jika tahu berisiko paling tidak kondom bisa mencegah dari penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV-AIDS sendiri. Akan tetapi walau sudah menggunakan saya pikir dosa akan tetap melekat makanya sikap keimanan dan patuh terhadap ajaran Tuhan adalah yang paling tepat untuk menjauhkan diri,” sarannya. (ade/tri)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4792