http://www.beritajakarta.com
">


Jakarta Tuan Rumah Konferensi Penyakit Menular
Tanggal: Tuesday, 27 September 2011
Topik: Narkoba


BERITAJAKARTA.COM, 26 September 2011

Penyakit Tuberkulosis (TBC) tidak hanya menjadi ancaman serius bagi Indonesia, tetapi juga bagi negara-negara lain di belahan dunia. Untuk mengatasi persoalan itu, Jakarta akan menjadi tuan rumah konferensi internasional Joint Project of Asian Network of Major Cities 21 (ANMC 21), yang diikuti 11 kota dari negara-negara di Asia. Dalam pertemuan itu, tidak hanya dibahas soal penyakit TBC, tapi juga penanganan berbagai macam penyakit menular.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati mengatakan, Project of ANMC 21 akan dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 3 November 2011. 11 kota yang direncanakan akan partisipasi yaitu, Bangkok, Delhi, Hanoi, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Seoul, Singapura, Taipei, Tokyo, dan Yangon. Sementara, baru ada enam negara yang setuju hadir yakni, Hanoi, Jakarta, Kuala Lumpur, Seoul, Taipei, dan Tokyo.

“Konteks dari ANMC 21 ini adalah bagaimana kita menurunkan penyakit menular. Selain membahas TBC. Beberapa penyakit menular juga sudah turun di antaranya malaria," imbuhnya, Senin (26/9).

Dalam pertemuan nanti juga akan dibahas mengenai inovasi-inonasi terbaru. Topik lain yang akan diangkat, yakni mengenai flu burung. Di mana akan dibahas mengenai cara mengeliminasi virus tersebut. "Untuk penderita aksesibilitasnya gratis, baik untuk obat dan puskesmas. Tapi untuk transport masih sulit," jelasnya.

Menurut Dien, lingkungan yang padat sangat rentan terkena TBC. Mengingat, satu orang penderita TBC dapat menularkan kepada 15 orang lainnya. Sehingga daya tular TBC masih tergolong tinggi. "Di lingkungan yang sumpek dan padat penularannya akan sangat mudah. Ukurannya bukan tinggi tidaknya. Ukurannya kita menemukan dengan cepat kemudian menggobati. TBC tinggi karena HIV/AIDS tinggi, HIV tinggi pengguna narkoba tinggi. Kita mencoba secara simultan bersama-sama," jelas Dien.

Sumber: http://www.beritajakarta.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4795