http://suaramerdeka.com
">


Di Tusuk Gigi, Virus HIV AIDS Akan Mati
Tanggal: Tuesday, 27 September 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 26 September 2011

Semarang: Virus HIV AIDS menjadi momok mengerikan bagi masyarakat, terlebih ditambah adanya isu mengerikan tentang penyebaran virus mematikan itu melalui tusuk gigi. Tetapi nampaknya masyarakat tidak perlu cemas akan isu ini.

Ditandaskan Manager Program STIGMA, Sebuah LSM yang menangani soal HIV AIDS, Herru Pribadi, virus HIV AIDS tidak akan hidup di luar tubuh manusia. Virus ini akan mati jika berada di luar tubuh manusia, terlebih terkena sinar matahari.

Dia menjelaskan, jika ada isu virus HIV dapat disebarkan melalui tusuk gigi, besar kemungkinan itu hanya bertujuan untuk meresahkan saja. Lebih lanjut Herru menyatakan, masyarakat perlu diberi informasi yang benar soal HIV AIDS.

Sementara itu, sebagian besar kasus Semarang oleh perilaku seksual tidak aman. Sekretaris KPA Semarang, Titiek Rahajoe mengungkapkan, hal ini dikarenakan populasi risiko dan perilaku tinggi hingga terjadi peningkatan. Padahal, KPA Semarang sejauh ini telah invensi dengan pemangku kepentingan dan mengatur serta memantau distribusi kondom bagi kelompok berisiko tinggi.

Namun, langkah ini hanya terbatas pada pemantauan distribusi. Mereka menggunakan atau tidak kondom dalam aktivitas seksual, sepenuhnya menjadi urusan pelaku. Akan tetapi, di sisi lain harus dibarengi dengan advokasi, pendampingan dan sosialisasi penggunaan kondom kepada kelompok berisiko tinggi. Hanya itulah langkah yang paling efektif mencegah penularan HIV/AIDS melalui hubungan seks luar nikah.

Sebelumnya, tersebar di Short Message Service (SMS) maupun Blackberry messenger (BBM) soal adanya modus penyebaran HIV AIDS. Di dalam pesan berantai itu disebutkan adanya pasien HIV AIDS yang dendam dan putus asa yang menularkan virus mematikan ini melalui tusuk gigi bekas pakai di rumah makan dan restauran-restauran.

( Diantika PW / CN27 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4800